she.id

10 Fakta RA Kartini Akan Diungkap di Film Terbaru Dian Sastro

10 Fakta RA Kartini Akan Diungkap di Film Terbaru Dian Sastro
Pemeran film Kartini: Kartini (Dian Sastro), Kardinah (Ayushita), Roekmini (Acha Septriasa) (Instagram/ @therealdisastr)

She -  Artis cantik sekaligus berbakat, Dian Sastrowardoyo akan mmerankan sosok Raden Ajeng Kartini dalam film berjudul Kartini. Film ini rencananya akan diluncurkan pada tanggal 19 April, 2 hari sebelum perayaan hari Kartini.

Untuk membuat publik penasaran, Dian sempat membocorkan 10 fakta unik Kartini yang mungkin belum banyak diketahui orang, lewat unggahan videonya yang disebarkan melalui Instagram pribadinya.

Berikut adalah segelumit fakta-faka unik tersebut:

1. Kartini, putri dari pasangan M.A. Ngasirah dan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat ini Lahir pada 21 April 1879 di Jepara.

Hari lahirnya tersebut diperingati sebagai hari Kartini hingga saat ini, sebagai tanda penghormatan atas jasa-jasanya. Nama R.A yang berarti Raden Ajeng ini menjadi tanda bahwa Kartini berasal dari kalangan bangsawan. Gelar itu dipakainya sebelum menikah. Sedangkan menurut tradisi Jawa, setelah menikah R.A dipergunakan untuk singkatan dari Raden Ayu.

2. Kartini membantu Kyai Soleh Darat mencetak dan mendistribusikan Alquran dalam bahasa Jawa.

3. Kartini memiliki 10 saudara kandung dan tiri, yakni:

- R.M Slamet Sosroningrat
- P.A Sosrobusono
- R.A Soelastri
- Drs. R.M.P Sosrokartono
- R.A Roekmini
- R.A Kardinah
- R.A Kartinah
- R.M Muljono
- R.A Soematri
- R.M Rawito

Sedangkan Kartini sendiri adalah anak kelima dan menyandang anak perempuan tertua dari saudari-saudarinya.

Baca Juga: Penulis Ini Ingin Hidupkan Film Anak dengan Garap Tontonan Cerdas
Cara Laudya Chintya Bella Jaga Hubungan Harmonis dengan Orangtua

4. Kartini fasih berbahasa Belanda.

Dengan kefasihannya tersebut, ia sering melakukan surat menyurat dengan teman-temannya yang ada di Belanda. Dari sinilah, Kartini mulai tertarik dengan pola pikir perempuan Eropa.

5. Kartini suka memasak dan banyak menciptakan resep masakan.

6. Artikel pertama Kartini yang dipublikasikan menggunakan nama ayahnya.

7. Kartini adalah sosok yang lincah sampai-sampai ia dijuluki dengan panggilan Trinil. Trinil adalah burung kecil yang lincah dan selalu mengeluarkan suara nyarin alias cerewet.

8. Kartini dan kedua adiknya sering dipanggil Het Klaverblaad yang artinya Trio Daun Semanggi.

9. Kartini yang memperkenalkan seni ukir, lukis dan batik khas Jepara ke Eropa.

10. Buku berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" didasari dari ayat Alquran yang berisi tentang, "orang-orang beriman dibimbing Allah dari gelap menuju cahaya".

Dalam film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini, Dian sendiri akan beradu akting dengan Ayushita yang berperan sebagai Kardinah dan Acha Septriasa yang berperan sebagai Roekmini. Keduanya diketahui merupakan adik dari Kartini.

Sinopsis film Kartini bercerita tentang keinginan Kartini untuk mengenyam pendidikan tinggi di tengah-tengah terkungkungnya perempuan pada masa itu. Namun sayangnya, Kartini yang tumbuh di lingkungan ningrat, harus mengikuti aturan ayahnya. Di sinilah akan terlihat bagaimana usaha Kartini untuk memperjuangkan hak nya sebagai perempuan, yang bebas dan mandiri.

Lalu bagaimana cara Kartini untuk melepaskan diri dari kondisi tersebut? Saksikan 30 Hari lagi di Bioskop kesayangan Anda.


Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya