she.id

4 Cara Ini Bantu Kecilkan Pori-Pori Wajah
ilustrasi masker wajah alami (shutterstock).

She -  Memiliki wajah mulus adalah impian setiap perempuan. Tapi apa jadinya jika wajah Anda memiliki pori-pori yang besar. Ini tentu sangat menganggu tampilan wajah Anda.

Ditambah lagi, wajah dengan pori-pori besar bisa memicu jerawat lebih mudah muncul. Ini karena kotoran, debu, dan sisa makeup akan lebih mudah menyumbat pori-pori.

Nah untuk mengatasi pori-pori yang membesar, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tetap tampil maksimal di penghujung akhir pekan.

1. Masker Lumpur

Seperti yang dilansir oleh Prevention, pori-pori menjadi besar karena seringnya didesak masuk oleh sisa makeup, sel-sel kulit mati, debu dan kotoran yang menyumbat ke pori-pori.

Pakar makeup asal Los Angeles, Michelle Radow menjelaskan pada makeupgal.com, bahwa menggunakan masker yang berbasis tanah liat sebanyak 2 kali seminggu ternyata bisa menarik keluar kotoran yang tersumbat di pori-pori, dan bisa membuat pori-pori mengecil. Radow juga merekomendasikan Masker Detoks dan Masker Lumpur untuk mengecilkan pori-pori.

2. Penggunaan scrub pengelupas kulit

Menggunakan scrub untuk pengelupasan kulit mati juga dianjurkan jika Anda ingin memiliki pori-pori yang kecil.

"Sel kulit mati cenderung menumpuk di sekitar pori-pori, ini membuat mereka terlihat lebih besar," jelas Emmy Graber, MD, dermatolog yang berbasis di Boston.

Hal senada juga diungkapkan oleh Radow. Di mana scrub pengelupas kulit ini sangat baik untuk mengecilkan por-pori di wajah. Tak hanya itu, Radow juga menambahkan bahwa exfoliator juga bisa membuat kulit lebih cerah. Setidaknya gunakan sebanyak dua kali seminggu untuk menjaga pori-pori tidak membesar.

Baca Juga: Jadi Primadona, Bulu Mata Indonesia Terkenal Sampai Hollywood
Ternyata Limbah Rambut Jagung Bisa Jadi Bahan Kosmetik

3. Gunakan pelembab wajah

"Pasca-membersihkan wajah, remajakan kulit wajah dengan pelembab harian yang mengandung glycolic atau asam salisilat dan exfoliant kimia yang dapat mengurangi ukuran pori-pori dalam waktu kurang dari waktu seminggu," kata Graber.

Graber juga menyarankan untuk memakai pelembab yang bebas pewangi dan kaya akan vitamin antioksidan A dan E sebelum memakai alat makeup.

Radow juga menuturkan bahwa hal tersebut akan menghalangi makeup masuk ke pori-pori dan langsung meminimalkan tampilan pori-pori yang lebih besar.

4. Gunakan strategi makeup

Setelah itu, aplikasikan foundation Anda dengan sikat make up atau spons, untuk membuat wajah terlihat halus tanpa pori-pori. Ini sebenarnya lebih mudah daripada jikan Anda menggunakannya dengan tangan.

Untuk itu, Radow memberi wejangan agar membasahi sikat make up Anda dengan air atau semprotan hidrasi terlebih dulu sebelum digunakan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga tampilan wajah tetap lembab dan alami. Efek lainnya, pori-pori Anda yang besar tidak akan terlihat karena sudah tertutupi lapisan foundation yang lembut dan merata.


Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya