she.id

Ini Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung
Ilustrasi model berkerudung. (Flickr)

She - Sebagai wanita muslimah, sudah sepatutnya kita menutup aurat mengenakan pakaian terturup dan memakai jilbab. Namun terkadang terdapat kebingungan sendiri terhadap perbedaan hijab, jilbab, khimar, serta kerudung yang sering digunakan untuk menutup aurat para wanita muslimah.

Ada yang memaknai sama arti dan tujuannya dan ada pula yang memaknai dan mengartikan terbalik diantara hijab, jilbab, khimar dan kerudung. Padahal jika diperhatikan secara seksama antara hijab, jilbab, khimar dan kerudung itu jelas berbeda sekali maknanya.
Berikut ini ulasan mengenai perbedaan antara hijab, jilbab, khimar dan kerudung.

1. Hijab

Hijab adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Hijab berarti penutup secara umum baik tirai pembatas, kelambu ataupun tabir yang membuat seorang muslimah tertutupi dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya.

Bila dikaitkan dengan menutup aurat, istilah hijab bermakna lebih tepat merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas atau menutup (hijab) tubuh sesuai dengan tuntunan agama.

2. Jilbab

Jilbab adalah busana terusan untuk menutupi seluruh tubuh wanita kecuali wajah dan tangan. Maka jilbab merupakan pakaian longgar yang menutupi aurat sedangkan hijab adalah pembatas umum yang menutupi aurat muslimah seperti tabir.

3. Khimar

Khimar/khumur adalah penutup kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Desain pakaian ini menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangkangan).

4. Kerudung

Kerudung adalah penutup kepala. Dalam hal ini berkenaan dengan apapun yang bisa menutup kepala biasa disebut kerudung, meskipun tidak menutup seluruh rambut dan leher.

Berita Terkait:5 Aksesoris Ini Bisa Membuat Gaya Retro Kamu Semakin Sempurna
Hijab Tetap Rapi Seharian Tanpa Ciput
Setelah Menikah, 6 Selebritis Ini Mantap Berhijab
Komunitas Jurnalis Berhijab Punya Misi Berdakwah
Waspadai Bahaya Makanan Beku Bagi Kesehatan
Kamila Andini Nilai Film dari 3 Perspektif

#Hijab #Hijabers #Jakarta #Fashion Hijab

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya