she.id

Deretan Masjid Terapung di Seluruh Dunia, Seperti Apa?

Deretan Masjid Terapung di Seluruh Dunia, Seperti Apa?
Masjid Haji Ali Dargah/pixabay.com

She -  Masjid terapung, keunikan nama dan bentuk masjid ini pasti membuat yang melihatnya akan takjub. Selain letaknya yang di laut, masjid-masjid ini juga memiliki arsitektur gagah, yang menambah keindahan di sekitar laut tersebut.

1. Masjid Fatimah – Jeddah, Arab Saudi

Masjid Fatimah merupakan masjid terapung paling terkenal di Arab Saudi. Lokasinya berada di Jeddah, tepatnya di pinggiran laut merah. Jika laut merah sedang pasang, maka masjid ini akan terlihat seolah-olah mengapung di laut merah.

Luas masjid ini adalah 20×30 meter persegi. Interior di dalamnya didominasi oleh kaligrafi yang menambah kesan cantik dari masjid ini. Nama lain dari masjid Fatimah yaitu masjid Ar Rahman.

2. Malacca Straits Mosque – Melaka, Malaysia

Masjid Malacca Straits Mosque adalah masjid terapung yang sangat terkenal di Malaysia. Masjid ini lebih dikenal dengan sebutan masjid Melaka, karena memang letaknya yang berada di pinggiran selat Melaka.

Baca Juga: 3 Poin Usulan Pengelolaan dan Penataan Danau Toba
Promosikan Kuliner, Restoran Indonesia Buka di Kota Luoyang



Masjid Melaka ini selesai di bangun pada tahun 2006 silam. Dindingnya didominasi dengan warna putih, kubahnya berwarna kuning, dan pondasinya tertancap di dasar laut pinggiran pantai. Untuk membuat masjid ini dihabiskan dana sebesar MYR 10 juta atau sekitar Rp 36 miliar.

3. Masjid Haji Ali Dargah – Mumbai, India

Negara India juga memiliki masjid terapung yaitu masjid Haji Ali Dargah. Masjid ini berada di daerah Worli Bay, Mumbai dan sudah berdiri sejak abad ke 19.

Di antara masjid terapung lainnya, mungkin hanya masjid inilah yang memang benar-benar terapung di laut, dan hanya bisa diakses lewat jembatan yang menghubungkan masjid dengan pinggiran pantai.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya