she.id

Kabar Buruk Untuk Vegetarian Pencinta Kimchi

Kabar Buruk Untuk Vegetarian Pencinta Kimchi
Kimchi (shutterstock)

She -  Bagi para penggemar Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan kimchi.

Makanan khas Korea ini bahkan tak kalah populer dengan serial dramanya. Seperti di Indonesia, banyak orang yang sangat menyukai kimchi.

Kimchi adalah salah satu masakan tradisional Korea yang terbuat dari campuran sayur mayur. Biasanya sawi putih dan lobak putih menjadi sayur utama kimchi. Makanan ini memiliki rasa yang asam, manis dan pedas.

Tak heran jika kimchi dijadikan salah satu menu andalan beberapa vegetarian. Namun sayangnya, ternyata kimchi bukanlah makanan yang ramah untuk mereka. Sebab bumbu kimchi terbuat dari bahan hewani.

Hal ini dituturkan oleh laman Huffington Post. Dimana jika Anda memiliki indera penciuman yang baik, Anda akan otomatis menyadari aroma kimchi yang sangat kental dengan hewan-hewan laut yang amis.

Kimchi pada kasus ini lebih ditujukan pada kimchi kemasan yang banyak beredar di luar negeri. Beberapa nama unsur hewani yang dipakai untuk membuat kimchi adalah udang, saus ikan teri dan saus ikan.

Baca Juga: Jus Pisang Nikmat dan Lezat untuk Menu Variasi Sarapan
Manfaat Kurma yang Belum Banyak Diketahui

Buku resep masakan yang baru-baru ini beredar di Korea juga menjelaskan, bahwa mereka menambah unsur hewan laut untuk menambahkan cita rasa asin yang sedap. Sebut saja cumi-cumi mentah, bayi gurita dan sarden adalah bahan terbaik untuk melengkapi kimchi.

Tak hanya itu, Saeujeot (fermentasi udang untuk mendapat rasa asin) dan saus ikan juga sering digunakan. Makanan laut yang difermentasi ini disebut-sebut untuk menambahkan asam glutamat, yang memberi sensasi berbeda di mulut

Oleh karena itu, penting bagi vegetarian untuk melihat bahan pembuatan (ingredients) terlebih dulu, yang biasanya tertera pada kemasan.

Namun tak menutup kemungkinan, ada juga beberapa perusahaan yang benar-benar menawarkan kimchi vegetarian murni. Di samping itu, Anda juga bisa membuat kimchi sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang tentunya bisa Anda pilih sendiri.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya