she.id

Makna Hari Kartini Bagi Dian Sastro Pemeran Kartini

Makna Hari Kartini Bagi Dian Sastro Pemeran Kartini
Aktris Dian Sastro (arah.com/Gilang Syahbani)

She - Dian Sastro merupakan salah satu aktris yang menghadiri acara 'Panggung Para Perempuan Kartini' di Museum Bank Indonesia, Kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (11/4/2017). Acara itu untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang.

"Bagaimana kita dalam satu hari itu diajak memperingati banyaknya dobrakan-dobrakan yang sudah dibuat dan dipelopori oleh ibu Kartini. Begitu juga kesetaraan gender semua manusia, baik perempuan maupun laki-laki." ujar Dian tentang makna Hari Kartini bagi dirinya.

Pemeran Kartini dalam Film 'Kartini' mengatakan pakem Jawa yang dianut pada saat itu sangat kuat. Hal ini menyebabkan pendidikan menjadi salah satu permasalahan yang harus dihadapi perempuan Jawa, salah satunya Kartini.

Baca Juga: Dian Sastro Sempat Ditolak Hanung untuk Perankan Tokoh Kartini
Maudy Ayunda Bangga Baca 'Surat-surat Kartini'

"Memang banyak sekali dari pakem Jawa itu yang dikritik oleh Kartini. Karena dia melihatnya juga agak kontra-produktif untuk berkenaan dengan kebaikan hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan." jelas Dian

Dalam memperingati Hari Kartini, kata Dian, dirinya hanya melakukan hal-hal sederhana.

"Paling kalo Hari Kartini pakai kebaya atau kadang pakai baju casual aja karena bukan anak kecil lagi yang selalu pakai kebaya setiap Hari Kartini. Paling baca-baca buku tentang Kartini. Jadi cuma begitu saja." kata Dian.

Video trending pilihan editor www.she.id:

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya