she.id

Belajar dari Ujian Hidup, Umi Pipik Ajarkan Anak Ikhlas

Belajar dari Ujian Hidup, Umi Pipik Ajarkan Anak Ikhlas
Pipik Dian Irawati atau Umi Pipik (Nur Faizah/She.id)

She -  Menjadi orang tua tunggal bukanlah hal yang mudah. Inilah yang dialami Umi Pipik, mantan istri Ustadz Jeffry Al Buchori.

Membesarkan 4 anak seorang diri jadi tantangan tersendiri bagi sosok perempuan yang terkenal ketangguhannya ini. Berbagai macam masalah setelah kepergian Uje pun sudah dihadapinya, dari kehilangan ayah tercinta hingga rumahnya yang terbakar habis.

Belajar dari kejadian berat yang menimpa dirinya secara bertubi-tubi, perempuan kelahiran Semarang jawa tengah ini mengaku harus mengajari anak-anaknya untuk ikhlas sejak dini.

Ia menanamkan pada putra putrinya bahwa manusia itu tidak memiliki apapun selain iman di hati.

"Saya selalu mengajarkan kepada anak-anak saya, bahwa kita hidup di dunia ini hanya memiliki iman, kita punya apa? Toh harta yang dititipkan itu semua milik Allah." Ujarnya saat ditemui usai mengisi tausiah di Jakarta Utara, Sabtu (15/4).

Tak hanya itu, 3 tahun ditinggal pergi sang suami, Umi Pipik juga mengatakan bahwa ia ingin anak-anaknya bermental besi, terlebih saat ujian hidup datang.

Baca Juga: Umi Pipik Pilih Jalani Umroh Saat Haul Almarhum Uje
Lihat Anak Sulung Makin Dewasa, Ini Doa Menyentuh Pipik

"Saya selalu ajarkan ke anak-anak tentang besi yang tidak langsung menjadi pisau. Dia dipanaskan, dibentuk baru diasah untuk jadi pisau yang bermanfaat." tambahnya.

Dari ujian yang dihadapinya bersama sang buah hati, Umi Pipik pun selalu megingatkan anak-anaknya untuk tidak melihat ke belakang dan menyesali masa lalu meski begitu pahitnya ujian kehidupan yang pernah dilalui.

"Alhamdulillah, saya selalu sudah ajarkan ke anak-anak untuk tidak melihat ke belakang, itu semua pembelajaran, jadi ibrah diri kita, pengalaman ilmu, kalau dari masa lalu kita banyak ngerasain sakit hati, ya untuk apa diingat-ingat terus," tungkasnya.

Melihat anaknya yang kini semakin dewasa, Umi Pipik mengaku ingin melihat anaknya tumbuh jadi pribadi yang selalu berperilaku dan berbuat kebaikan kepada siapapun. Sebab ia ingin anaknya mencontoh almarhum Uje.

"Jadi saya ajarkan ke mereka untuk hidup jadi orang baik, berperilaku baik, tidak usah benci pada orang lain, ya menanamkan kebaikan semenjak dinilah, karena itu juga ajaran dari Almarhum (Ustad Jeffry)." tutupnya. (Nur Faizah)

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya