she.id

Mengonsumsi Makanan Ini dapat Membantu Melawan Depresi

Mengonsumsi Makanan Ini dapat Membantu Melawan Depresi
ilustrasi biji chia (shutterstock).

She - Apakah biji chia termasuk dalam menu diet harian Kamu? Jika belum, ada baiknya mulai mengonsumsinya. Beberapa ahli seperti yang dikutip dari zeenews, mengatakan bahwa biji chia dapat membantu melawan depresi.

Mereka menambahkan bahwa superfood ini adalah salah satu sumber terkaya dari nabati, lemak omega 3 yang mampu membawa suasana hati positif pada orang.

Depresi sendiri belum terlalu dianggap serius bagi kebanyakan orang, hal ini karena stigma sosial atau kurangnya kesadaran dan diagnosis. Akan tetapi sekarang ini, penyakit depresi diakui sangat mempengaruhi semakin banyak orang di seluruh dunia.

Oleh karena itu, Kamu bisa mencegahnya dengan biji chia.

"Dapat menambah sekitar tiga gram 'Chia' pada segelas air dan diamkan air tersebut selama sekitar 10 menit, sampai membentuk gel transparan yang dapat dengan mudah dikonsumsi," kata Prof. Ram Rajasekharan, director, Central Food Technological Research Institute.

Baca Juga: Olahraga Kardio Mampu Mencegah Alzheimer pada Lansia
Diet Permen Lolipop, Amankah?



"Biji chia dapat berbaur dengan baik di dalam jus buah, smoothie, buttermilk, puding dan produk roti seperti roti dan kue. Rasa netral dari bibit biji chia dapat membantu pencampuran secara mulus ke dalam semua produk makanan. Dimana rata-rata, orang dewasa membutuhkan sekitar 1- 1,6 gram lemak omega 3 setiap hari," tambahnya.

Namun, terkadang situasi lingkungan dapat memicu kecenderungan genetik dan menyebabkan timbulnya depresi.

Maka dari itu, bisa mengonsumsi makanan yang kaya omega 3 salah satunya adalah ikan dan beberapa tanaman, seperti chia yang merupakan salah satu sumber terkaya tanaman berbasis lemak omega 3 untuk vegetarian.

Chia adalah gandum kuno dan merupakan bagian penting dari budaya Aztec dan juga makanan pokok mereka.

"Biji chia terjadi di alam dalam bentuk hitam, berbintik-bintik dan putih dengan biji berwarna putih yang memiliki keunggulan atas sisanya. Karena biaya impor yang tinggi, superfoods ini hanya dikonsumsi sebagian konsumen di India. Namun semua itu mungkin akan berubah," ungkap Rajasekharan.

Sementara itu, biji chia tidak memerlukan pengolahan setelah panen sehingga dapat langsung dikonsumsi setelah panen dan pembersihan. Chia juga bisa diminum dengan menambahkan air ke dalamnya yang nantinya akan membentuk menyerupai gel.

Video trending pilihan editor she.id:

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya