she.id

Peringati Hari Kartini, IFC Ingin Bawa Kebaya Go Internasional

Peringati Hari Kartini, IFC Ingin Bawa Kebaya Go Internasional
Para model memamerkan busana kebaya rancangan desainer yang tergabung dalam IFC. (Gilang Syahbani/Arah.com)

She - Meramaikan peringatan hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Indonesia Fashion Chamber (IFC) mengadakan talkshow inspiratif bertajuk Wanita Kreatif & Mandiri. Hannie Hananto selaku salah satu pembicara dan juga ketua IFC Jakarta pun dengan bangga menyebutkan mayoritas anggotanya adalah desainer perempuan yang kreatif dan mandiri.

"Anggota IFC Jakarta itu totalnya ada 23, sedangkan 16 desainernya adalah perempuan," kata Hannie di Alun-alun Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Hannie juga mengakui, belakangan IFC kebanjiran calon anggota yang mana desainer-desainer muda sudah terlatih untuk mengolah kain tradisional nusantara.

"Banyak permintaan yang masuk ke IFC, jadi banyak desainer muda yang sudah terlatih mengolah kain Nusantara," imbuhnya.

Selain itu, IFC bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) juga menggelar trunk show kebaya inspiratif karya dari delapan orang anggota IFC Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

[baca_juga]

Kebaya merupakan ikon busana daerah yang harus dijaga dan dilestarikan. Hannie sendiri merasa menjaga kelestarian kebaya adalah tanggung jawab bersama.

"Ya ini tanggung jawab bersama. Kita seharusnya pakai baju-baju tradisional ya, kalo setiap ada acara kan suka diminta pakai tenun, batik, atau kebaya, jadi ini tanggung jawab kita semua untuk melestarikan kain atau busana tradisional. Kalo bukan kita kan siapa lagi," paparnya.

Program ini juga sebagai salah satu bentuk upaya memajukan popularitas kebaya di kancah fashion internasional, seperti kain batik yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat dunia.

Kebaya yang dipamerkan juga cocok digunakan ke acara baik formal mau pun non formal dimana terdapat potongan klasik dan modifikasi yang mewujudkan gaya kekinian sentuhan tangan dingin para desainer.

Selain Hannie Hananto, ada juga Fitri Aulia, Najua Yanti, Priscilla Saputro, dan Wignyo Rahadi dari IFC Jakarta. Selain itu Inge Chu dan Ina Priyono juga hadir sebagai perwakilan dari IFC Semarang dan Saffana dari IFC Surabaya.

Semua mahakarya kebaya para desainer tersebut juga akan dipamerkan selama dua minggu di Alun-Alun Grand Indonesia dari tanggal 14-27 April 2017. (Gilang Syahbani)

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya