she.id

6 Manfaat Chamomile bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Chamomile bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi chamomile (shutterstock).

She - Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa chamomile memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan menjadi salah satu obat alami yang manjur.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari chamomile:

1. Antimikroba gigi
Periset menilai aktivitas antimikroba dari ekstrak chamomile Jerman (Matricaria chamomilla atau Matricaria recutita) terhadap jamur Candida albicans dan bakteri Enterococcus faecalis. Candida albicans adalah penyebab infeksi jamur umum yang sering disebut sebagai infeksi jamur sedangkan E. faecalis adalah infeksi yang resisten antibiotik dan seringkali mengancam jiwa yang terkadang menghuni gigi dan akar gigi. Menurut penelitian, ekstrak potensi chamomile yang tinggi sangat efektif untuk membunuh kedua mikroba ini.

2. Obat kumur untuk ulserasi mulut
Sebuah studi di Journal of Clinical and Experimental Dentistry menemukan bahwa obat kumur yang terbuat dari chamomile Jerman efektif dalam mengobati ulserasi mulut dan rasa sakit yang terkait, tanpa efek samping.

3. Penyembuh kulit
Chamomile memiliki sejarah panjang dalam pengobatan kondisi kulit seperti ruam cacar air, ruam popok, eksim dan psoriasis. Untuk tujuan ini biasanya chamomile ditambahkan ke bak mandi atau dioleskan ke kulit sebagai ekstrak infus.

4. Melindungi hati
Dikutip dari care2, chamomile juga berkhasiat untuk melindungi dan menyembuhkan hati.

5. Anti inflamasi
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products menilai sifat anti inflamasi yang diklaim dari chamomile Romawi. Periset menemukan bahwa senyawa ini mengandung setidaknya satu senyawa anti inflamasi dan bahkan dapat bermanfaat dalam mengobati sindrom metabolik, sekelompok gejala yang mencakup gula darah tinggi dan kolesterol serta lemak perut.

Baca Juga: Air Kelapa Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Mau Sehat? Ini Kata Ade Rai

6. Melawan tumor
Penelitian tambahan di jurnal Food Chemistry menemukan bahwa chamomile Romawi (Anthemis nobilis) memiliki sifat antioksidan dan anti tumor. Ini juga menemukan bahwa infus chamomile memiliki efek antioksidan dan anti tumor yang jauh lebih besar daripada rebusan atau ekstrak.

Cara penggunaan chamomile antara lain:

- Bila ingin menggunakan chamomile, pastikan memilih spesies yang tepat untuk kondisi yang Kamu miliki (Romawi atau Jerman, seperti yang ditunjukkan di atas). Hindari menggunakan chamomile jika Kamu memiliki alergi terhadap tanaman dan juga obat warfarin yang dapat berinteraksi negatif dengan chamomile. Maka dari itu, cara terbaik adalah menghindari penggunaan keduanya pada saat bersamaan. Pengencer darah lainnya juga bisa berinteraksi dengan chamomile, ada baiknya tidak menggunakan keduanya secara bersamaan pula.

- Teh chamomile
Masukkan chamomile dengan menambahkan satu sendok teh ramuan kering per cangkir air matang dan diamkan setidaknya selama 10 menit. Minum satu cangkir, setiap 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

- Ekstrak chamomile
Ikuti instruksi sebelum Kamu menggunakan ekstrak chamomile. Adapun takarannya adalah 30 tetes tiga kali sehari.

- Obat kumur
Gunakan satu cangkir teh chamomile sebagai obat kumur, 2 sampai 3 kali sehari. Lalu simpan teh di lemari es hingga 3 hari.

Video pilihan editor www.she.id:

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya