she.id

Berbagai Jenis Teh Ini Simpan Manfaat Mengejutkan

Berbagai Jenis Teh Ini Simpan Manfaat Mengejutkan
Secangkir teh (shutterstock)

She -  Tahukah Anda, 21 April yang biasa kita rayakan sebagai Hari Kartini ternyata adalah Hari Teh Nasional di Inggris. Khusus pada hari tersebut, warga Inggris pun beramai-ramai menyalakan ketel, dan meminum teh lebih banyak dari biasanya.

Seperti yang dilansir oleh The Telegraph, minum orang-orang di Inggris ternyata percaya secangkir teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Itulah mengapa mereka sangat hobi mengonsumsi secangkir teh pada pagi hari.

Teh sendiri memiliki banyak macamnya, dan beberapa jenis teh di bawah ini ternyata memiliki dampak baik untuk kesehatan yang mungkin belum diketahui orang banyak :

1. Teh daun kopi

Pada tahun 2013, ilmuwan menemukan bahwa teh yang diseduh dari daun tanaman kopi, tinggi akan senyawa yang baik untuk kesehatan manusia.

Dr Aaron Davies mengatakan, "Yang mengejutkan adalah jumlah antioksidan yang ada di daun kopi jauh lebih tinggi daripada teh hijau dan teh hitam biasa."

Daun tanaman kopi arabika pada khususnya ditemukan memiliki kadar bahan kimia yang tinggi yang disebut 'mangiferin' yang dikenal dengan khasiat sehatnya. Mangiferin telah ditemukan untuk mengurangi risiko diabetes dan cholestrol darah, sekaligus melindungi neuron di otak.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi yang disebut EGCG yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit manusia. Antioksidan dalam teh hijau telah disarankan untuk membantu kanker payudara, paru-paru dan perut.

Teh hijau juga diklaim dapat melindungi dari demensia dan Alzheimer serta memperbaiki kadar kolesterol.

3. Teh hitam

Para ilmuwan telah menemukan mereka yang minum dua atau tiga cangkir teh hitam sehari, 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terserang tanda-tanda awal demensia dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Studi juga menunjukkan bahwa hal itu dapat mengurangi risiko stroke dan melindungi paru-paru dari kerusakan akibat asap rokok.

Baca Juga: Nikmati Beragam Bentuk Cokelat dari Printer 3D
6 Makanan Ini Efektif Melawan Lemak

4. Teh peppermint

Teh peppermint dipercaya bisa membantu pencernaan dan mengatasi stres.

Mentol yang hadir dalam teh bertindak sebagai relaksan otot yang membantu mengurangi jumlah stres dan kecemasan yang dialami seseorang.

5. Teh oolong

Karena tingginya kadar antioksidan, dalam sejumlah penelitian, teh oolong telah ditemukan bisa menurunkan kadar kolesterol.

6. Teh camomile

Selain disebut-seut bisa memberikan kehidupan yang lebih panjang bagi wanita, para ilmuwan juga mengklaim bahwa minum teh camomile dapat membantu mengendalikan diabetes.

Teh camomile juga dianggap bisa membantu proses perawatan kulit karena sifat pembersihan dan pelembabnya.

Jadi setelah Anda mengetahui manfaat tiap jenis teh, jangan lupa untuk mengonsumsinya ya.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya