she.id

Stres Wajar Tapi Harus Dikelola dengan Benar

Stres Wajar Tapi Harus Dikelola dengan Benar
Ilustrasi stres (Shutetrstock)

She - Libur panjang telah berakhir, saatnya kembali beraktivitas. Hari-hari dengan segala kesibukan kembali harfus dijalani yang terkadang membuat stres.

Sebenarnya stres itu wajar, namun yang terpenting bagaimana menanganinya sehingga tidak menganggu kebahagiaan hidup. Selain psikologis dan emosional, gejala stres juga tampak secara fisik. Tanda-tandanya seperti pusing, sakit di beberapa bagian tubuh, suhu tubuh rendah dan merasa kurang percaya diri.

Stres bisa mengundang beragam penyakit berat di antaranya kekebalan tubuh menurun, stroke, jantung, diabetes, bahkan kanker.

"Stres yang berulang dan menumpuk, tingginya tekanan darah dalam waktu lama, serta daya tahan tubuh yang melemah, membuat diri kita semakin sensitif dalam menangkap virus dan infeksi, dan ini dapat memicu beragam penyakit berbahaya," ujar Psikoterapis Dr Gillian Todd seperti dilansir Metro.co.uk,

Pakar lain, Ann Sidwell menyebut orang yang mengalami stres harus lebih peka kepada dirinya sendiri. Dengarkan apa yang diinginkan tubuh dan pikiran. Sebisa mungkin menyempatkan relaksasi. Perhatikan hal-hal yang dalam kegiatan sehari-hari bisa mengundang stres.

Baca Juga: Langkah Mudah Cegah Sakit Kepala Akibat Stres
Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Mampu Kurangi Risiko Stres

Dr Gillian merekomendasikan Cognitive Behavioural Stress Management atau mengelola stres perilaku kognitif.

"Dari sini Anda akan belajar mengubah cara berpikir terhadap hal apa yang membuat diri Anda stres. Anda juga akan diajarkan meningkatkan dukungan sosial yang akhirnya akan membuat hidup Anda lebih positif dan berkualitas," tutur Dr Gillian.

Ia menekankan arti penting keterampilan untuk selalu berpikir positif, terutama pada banyak hal yang terjadi di luar kendali kita. Dengan demikian, setidaknya pikiran dapat lebih ringan dalam menjalani aktviitas sehari-hari.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya