she.id

Museum Seni Islam Mesir Kembali Dibuka Sejak Pengeboman

Museum Seni Islam Mesir Kembali Dibuka Sejak Pengeboman
Museum Seni Islam Mesir (wikipedia)

She - Museum Seni Islam Mesir merupakan salah satu rumah bagi koleksi paling penting di dunia artefak Islam. Untuk pertama kalinya, museum itu menyambut pengunjung sejak mengalami kerusakan akibat serangan bom mobil tiga tahun silam.

Pertama kali dibuka pada 1903, museum tersebut ditutup pada Januari 2014 setelah serangan bom di seberang Departemen Kepolisian Kairo. Museum dibuka kembali pekan lalu setelah berakhirnya program restorasi yang didanai Uni Emirat Arab dan UNESCO selama dua tahun.

Seperti dilansir Reuters, Kementerian Purbakala Mesir mengatakan program restorasi mampu menyelamatkan sebagian besar isi museum.

"Saya kagum. Saya belum pernah ke Louvre, tapi saya merasa seperti berada di suatu tempat yang jauh lebih indah," ujar Hussein Ismail, seorang pengunjung sambil mengamati benda-benda yang dipamerkan di museum.

Baca Juga: Segarkan 'Bad Mood' dengan Travelling
Tips Travelling Hemat Bersama Keluarga

Museum Seni Islam Mesir menjadi rumah artefak yang berumur lebih dari 1.300 tahun peradaban Muslim di Mesir dan dunia.

"Ini adalah yang terbesar dari sejenisnya, mennyimpan 100.000 benda," ujar Menteri Purbakala Khaled El-Enany pada upacara pembukaan kembali museum pekan lalu.

Pembukaan museum ini digambarkannya sebagai bentuk pertarungan Mesir melawan terorisme. Pasukan keamanan Mesir berusaha memerangi ISIS sejak Presiden Abdel Fattah al-Sisi merebut kekuasaan dari Presiden Mohamed Mursi setelah maraknya protes kepada pemerintahan pada 2013.

Sebagian besar aksi kekerasan terjadi di utara Semenanjung Sinai, namun sesekali juga di Kairo, ibukota negara, di mana museum itu berada. Enany berharap dibukanya kembali museum akan membantu menarik wisatawan ke Mesir.

Mesir menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin melihat keajaiban Piramid dan keindahan pantainya yang masih asli. Namun sektor pariwiaata negara itu mengalami keruntuhan akibat ketidakstabikan politik sejak 2011.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya