she.id

Atasi Rasa Cemburu Berlebihan dengan Hal Ini

Atasi Rasa Cemburu Berlebihan dengan Hal Ini
ilustrasi rasa cemburu pada pasangan (shutterstock)

She - Secara lahiriah, manusia tentu memiliki rasa cemburu. Bahkan, ada yang bilang cemburu merupakan tanda sayang. Cemburu adalah hal yang wajar dalam setiap hubungan. Lebih dari itu, cemburu terkadang menjadi bumbu dalam kisah cinta agar lebih berwarna. Namun, cemburu yang berlebihan justru berdampak tidak baik pada suatu hubungan. Rasa cemburu tidak hanya muncul dalam hubungan asmara. Perasaan ini juga bisa muncul terhadap kesuksesan dan keberhasilan orang lain, baik dalam hubungan sosial maupun profesional (dalam lingkungan kerja). Ada baiknya, jika Kamu bisa meredam dan meghilangkan rasa cemburu pada diri Kamu terutama pada pasanganmu. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu terapkan untuk mengatasi rasa cemburumu.

1. Bicara Dengan Pasangan
Jika perasaan cemburumu seringkali muncul, maka bicarakan hal ini dengan pasanganmu. Minta pasangan untuk membuat Kamu mengerti. Namun, jika apa yang dilakukan pasanganmu masih membuatmu cemburu, usahakan pasangan untuk mengubah kebiasaan atau menghindari hal yang bisa memicu rasa cemburu. Hindari juga pertengkaran yang bisa membuat hubunganmu semakin memburuk.

2. Positive thinking
Positive thinking atau selalu berpikir positif diperlukan dalam setiap hubungan. Jangan terlalu banyak curiga terhadap pasangan, karena hal tersebut dapat menimbulkan rasa cemburu yang tidak beralasan.

3. Bangun Rasa Percaya Diri
Yakinkan dirimu bahwa Kamu adalah yang terbaik untuk pasanganmu. Tanamkan pada diri jika Kamu memiliki kelebihan dibandingkan orang lain, sehingga pasanganmu tidak akan berpaling darimu.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat
Tempe Mendoan, Si Gurih yang Lezat

4. Saling Percaya dan terbuka
Usahakan selalu percaya terhadap pasangan. Keterbukaan menjadi kunci untuk saling percaya dan mengurangi rasa cemburu. Sikap saling menutupi dan tidak terbuka, bisa membuat hubunganmu semakin buruk.

5. Jangan Bersikap Berlebihan
Hindari sikap yang berlebihan terhadap pasangan, karena hal ini hanya membuat Kamu semakin dilanda rasa cemburu. Selain risih, pasanganmu juga akan semakin jengkel dalam menghadapi kelakuan Kamu. Pelajarilah keadaan, dengan menganalisa masalah secara logis agar tidak langsung menumpahkan emosi yang tersulut oleh rasa cemburu.

6. Pengalihan Rasa
Jika rasa cemburu yang tengah Kamu alami tidak tertangani dengan baik, alihkan perhatianmu dengan kegiatan yang lebih positif dan menyita waktu kamu. Sehingga Kamu lupa akan rasa cemburu, yang ternyata hanya akan membuang energimu secara sia-sia.

Demikian tips untuk mengatasi rasa cemburu terhadap pasangan. Dengan berfikir dewasa dan lebih bijaksana dalam menyikapi rasa cemburu, hubunganmu pasti akan berubah menjadi lebih baik. Yang terpenting tetap bersikap terbuka antara satu sama lain. Selamat mencoba. (Akma).

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya