she.id

Kunci Penting Jaga Rumah Tangga Tetap Harmonis

Kunci Penting Jaga  Rumah Tangga Tetap Harmonis
Ilustrasi pernikahan. (Foto: Foter.com)

She -  Dalam biduk rumah tangga, terkadang menemukan masalah yang membuat hubungan menjadi 'dingin'. Bila tidak menemukan cara untuk mencairkan suasana, dikhawatirkan mengganggu hubungan yang telah dijalani.

Untuk itu, ada beberapa kunci penting agar hubungan tetap harmonis dan selalu awet seperti dikutip Wikihow, Rabu (9/2)

1. Kompromi

Belajarlah mengambil keputusan dengan bijak, saat berkompromi sebaiknya kontrol emosi. Jangan merusak suasana hanya karena emosi yang bergejolak.

Ketika pasangan melakukan kesalahan, cobalah untuk tidak memojokannya.

Sebaiknya bangun suasana damai dengan bertanya dengan lembut dan tetap tersenyum.

Dengarkan alasannya, bila tidak menyukainya katakan jujur dengan kalimat yang tidak menyinggung. Jika ada perdebatan, selesaikan dengan pelukan dan katakan kalimat sayang.

2. Menyesal dan Memaafkan

Point penting dalam menjaga hubungan yakni memaafkan. Meski begitu namun perlu untuk memastikan kesalahan yang dibuatnya itu bukan akrena sengaja, belajarlan untuk bisa membedakan mana penyesalan palsu dan asli.

Terima alasannya dengan kepala dingin, kontrol emosi. Tidak ada salahnya memberikan kesempatan untuk memperbaiki hubungan.

Jangan malu minta maaf saat melakukan kesalahan, lakukan dengan ikhlas dengan menatap langsung ke matanya.

[baca_juga]

3. Katakan Cinta

Meski usia rumah tangga sudah lama, namun sebaiknya kalimat-kalimat romantis masih tetap terjaga. Jangan segan untuk mengungkapkan cinta atau rindu kepada pasangan.

Meskipun perasaan bisa diungkapkan lewat sikap, namun terkadang pasangan ingin mendengar dalam bentuk ucapan.

Biasakan untuk mengatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan meski kecil. Pasangan pun akan merasa dihargai.

Jangan ragu untuk memberikan kejutan manis untuk pasangan. Tak perlu menunggu momen, namun ciptakan suasana romantis di setiap harinya.

4. Jujur

Mulailah saling terbuka dan jujur kepada pasangan. Jangan takut memberitahu sesuatu saat Anda merasa kecewa atau sakit hati.

Dengan hal ini maka pasangan akan melakukan perubahan yang lebih baik. Jangan membiasakan menyimpannya sendiri, dikhawatirkan akan keluar suatu saat nanti dan memicu emosi meledak-ledak tanpa sebab.

Perhatikan kondisi emosi pasangan saat ingin mengatakan hal jujur. Emosi yang sedang tidak teratur akan membuat sesuatu yang tidak salah menjadi salah.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya