she.id

Tips Merawat Jilbab Agar Tidak Cepat Rusak
Ilustrasi wanita menggunakan jilbab

She -  Bagi hijabers, jilbab adalah benda yang sangat penting. Berbagai macam koleksi jlbab atau kerudung akan membuat kepercayaan diri apabila dipakai dalam keadaan bagus dan terawat. Namun apabila jilbab atau kerudung yang kamu kenakan terlihat berantakan ataupun kotor tentu dapat membuat penampilan menjadi kurang enak dipandang.

Cara paling tepat membersihkan jilbab kesayangan memang dengan mencuci. Namun agar terlihat tetap bagus dan awet, mencuci tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Jika salah-salah bisa membuat jilbab menjadi rusak dan berbulu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips mencuci jilbab agar tetap bagus dan awet dipakai.

Baca Juga: Tips Menggunakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah
Sering Bepergian, Lindungi Wajah dari 'Airplane Acne'

1. Kenali bahan jilbabmu. Bahan yang mudah berbulu seperti polyster dan spandek rayon tidak boleh dicuci dengan mesin. Cukup dikucek dengan tangan.
2. Hindari menyikat jilbab. Serat kain pada jilbab yang disikat akan menjadi melebar.
3. Jangan merendam jilbab lebih dari satu jam. Terlalu lama merendam jilbab dapat membuat serat kain menjadi lebar sehingga jilbabmu akan mudah berbulu.
4. Hindari mencuci pakaian dengan suhu air di atas 60 derajat celcius. Suhu yang terlalu panas dapat merenggangkan serat kain.
5. Peras jilbab sebelum dijemur. Jilbab yang masih berat dengan air jika digantung akan membuat serat kain semakin longgar.
6. Saat menjemur hindarilah menggunakan jepitan sebab jepitan itu juga akan merusak kondisi jilbab anda saat kering nanti. Cobalah dengan hanya menggantungkannya saja di hanger yang berbahan plastik.
7. Tahap terkahir adalah mensetrika. Tidak semua jilbab harus di setrika, terkadang ada jilbab yang cukup dengan gantung jilbab dengan rapi saja agar kelak saat akan memakainya jilbab sudah terlihat rapi.
8. Jika jilbab kamu terlanjur berbulu, kamu dapat menghilangkan bulu-bulu dari serat jilbabmu dengan menggunakan spons pencuci piring yang kering. Gosok secara perlahan jilbabmu yang berbulu mengunakan bagian kasar pada spons. Selain menggunakan spons, kamu juga bisa menggunakan alat pencukur kumis.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya