she.id

Cegah Masalah Gizi Kronis Pada Anak dengan Rutin Konsumsi Telur

Cegah Masalah Gizi Kronis Pada Anak dengan Rutin Konsumsi Telur
Ilustrasi anak makan telur (Shutterstock)

She - Sebuah penelitian mengklaim bahwa mengonsumsi telur dalam sehari dapat meningkatkan pertumbuhan secara signifikan dan mengurangi masalah gizi kronis atau kerap disebut dengan istilah stunting sebesar 47 persen pada anak kecil.

"Telur mudah didapatkan, bisa menjadi sumber gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak kecil dan berpotensi mempengaruhi pertumbuhan stunting di seluruh dunia," kata penggagas penelitian Lora Iannotti dari Universitas Washington di St. Louis.

Dilansir dari boldsky, studi yang dipublikasikan pada jurnal Pediatrics, menunjukkan bahwa mereka yang makan satu telur per hari memiliki penurunan stunting secara umum sebesar 47 persen dan berat badan kurang dari 74 persen.

"Kami terkejut dengan seberapa efektif intervensi ini terbukti. Ukuran efeknya adalah 0,63 dibandingkan dengan rata-rata global 0,39," kata Iannotti.

Untuk penelitian tersebut, tim memasukkan anak-anak berusia enam sampai sembilan bulan untuk diberi satu telur per hari selama enam bulan, sedangkan kelompok lainnya tidak menerima telur.

Baca Juga: Awas, Obat Pereda Nyeri Bisa Picu Serangan Jantung
Cegah Diabetes Militus dengan Bubur Instan Spesial

Telur adalah makanan lengkap, dikemas dengan aman dan bisa dibilang lebih mudah didaoat sekalipun di populasi miskin sumber daya daripada makanan pelengkap lainnya, khususnya makanan yang diperkaya, kata Iannotti.

"Telur tampaknya menjadi sumber gizi yang layak dan direkomendasikan untuk anak-anak di negara berkembang," kata Iannotti.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya