she.id

Temulawak, Obat Herbal Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Temulawak, Obat Herbal Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan
(Foto: Shutterstock)

She -  Temulawak merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia, yang sering dijadikan sebagai bahan baku utama untuk pembuatan jamu. Jamu temulawak sendiri merupakan jamu yang mudah untuk di buat serta aman untuk di konsumsi sehari-hari.

Sejak dulu, jenis akar-akaran ini memang telah dikenal sebagai obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat temulawak.

1. Menjaga kesehatan hati
Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temulawak mengandung katagoga. Katagoga membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

2. Mengurangi radang sendi
Temulawak juga mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan, terutama untuk mengurangi radang sendi.

3. Menurunkan lemak darah
Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi curcumin, yang memiliki peranan penting sebagai hipolipidemik atau penurun lemak darah atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Meningkatkan nafsu makan
Efek minyak atsiri yang ada pada temulawak yang sifatnya karminativum dapat menambah nafsu makan.

5. Melancarkan pencernaan
Jika kamu memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan temulawak.

Baca Juga: Di Balik Khasiat Bumbu Rempah Cengkeh, Ini Rahasianya
Kulit Cantik dan Sehat Hanya dengan Wortel

6. Menyehatkan jantung
Temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Mengatasi kanker
Kandungan curcumin yang terkandung dalam temulawak, dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

8. Mengatasi gangguan ginjal
Manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal juga tidak perlu diragukan lagi, dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi dapat teratasi dengan baik.

9. Mengobati demam secara alami
Temulawak dan kunyit merupakan tanaman herbal alami yang sama-sama memiliki kandungan curcumin. Kandungan zat pewarna kuning itulah yang berfungsi sebagai anti piretik alami atau penurun panas. Jadi, pengobatan alami untuk demam yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan campuran temulawak dan kunyit. Baik untuk penderita dewasa maupun anak-anak.

10. Meringankan oesteoarthiritis
Manfaat ketiga dari ramuan ini ternyata sudah di jadikan ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit di India sejak ribuan tahun yang lalu. Temulawak atau yang biasanya akrab dengan sebutan curcuma ialah memiliki kemampuan untuk meradakan peradangan, seperti oesteoarthiritis.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya