she.id

Basmi Lemak Santan Makanan Lebaran dengan Rajin Minum Teh Tawar

Basmi Lemak Santan Makanan Lebaran dengan Rajin Minum Teh Tawar
ilustrasi opor ayam (foto/shutterstock)

She -  Siapa tak tergoda dengan hidangan lebaran seperti opor ayam, rendang, hingga bermacam kue kering yang mampu menggoyang lidah. Tapi hati-hati, sebab makanan tersebut mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk tubuhmu.

Meski demikian, Kamu pun tak perlu bersusah payah menolak tiap makanan yang ada di depan mata, terlebih saat bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Asalkan Kamu tahu triknya, maka makanan berlemak jahat itu pun bisa diatasi.

Konsumsi teh tawar atau bahkan pahit bisa menjadi satu cara melawan kadar kolesterol jahat (LDL), yang biasanya melonjak usai mengonsumsi makanan bersantan saat Lebaran. Hal ini dituturkan oleh ahli nutrisi dari Asosiaso Nutrisi Indonesia, Dr. Saptawati Bardosono.

"Batasi kudapan dan minuman manis. Pilih air putih atau teh tawar," ujar dia kepada ANTARA News dalam pesan elektroniknya.

Menurutnya, dalam teh terkandung zat aktif yang bisa membantu mengatasi kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh.

Baca Juga: Batasi Konsumsi Santan Pada Opor Ini Demi Kesehatan
3 Cara Mudah untuk Cek Kehalalan Makanan Produk Korea

Selain teh, usahakan tetap mengimbangi dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan, sebab sayuran atau buah memiliki kandungan serat dan fitosterol yang dapat menghambat penyerapan lemak di usus.

"Sebaiknya jadwal makan tetap tiga kali sehari sehingga kadang saat berkunjung ke rumah sanak saudara kita tidak perlu selalu harus makan ketupat. Kita bisa mengonsumsi sayur dan buah saja," ujar Saptawati.

Jangan lupa untuk beraktivitas fisik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga kolesterol jahat dapat dibersihkan dari sirkulasi darah.

Jika Kamu cuek dengan kadar kolesterol jahat dalam tubuhmua, maka waspadalah! Sebab kadar kolestrol tinggi bisa menyebabkan sakit jantung koroner. Hanya saja, kondisi ini seringkali tak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya.

Sebagai tambahan informasi, kadar kolesterol dikategorikan normal bila berada pada angka di bawah 200 mg d/L, yakni terdiri dari LDL atau kolesterol jahat di bawah 130 mg d/L dan HDL atau kolesterol di atas 40 mg d/L.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya