she.id

Waspada, 5 Tanda Peringatan Serangan Jantung pada Perempuan

Waspada, 5 Tanda Peringatan Serangan Jantung pada Perempuan
Ilustrasi perempuan terkena serangan jantung. (Shutterstock)

She - Serangan jantung bisa terjadi kapan saja, misalnya pada kasus pengurangan berat badan atau penyumbatan total aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung.

Penyebab utamanya, antara lain penyempitan lamban di arteri yang memasok darah ke jantung akibat penumpukan plak. Penelitian telah menunjukkan jika 43,8 juta perempuan saat ini menderita penyakit jantung.

Perempuan lebih rentan terhadap penyakit jantung daripada laki-laki, dan mereka memiliki risiko kematian tertinggi karena serangan jantung dibandingkan semua jenis kanker.

Namun, serangan jantung biasanya lebih sering dikaitkan dengan laki-laki. Padahal, ini berkontribusi pada peningkatan risiko. Karena perempuan tidak menganggap serangan jantung sebagai penyebabnya jika terjadi.

Gejala paling umum dari serangan jantung, lebih halus terjadi pada perempuan. Tapi, mereka terkadang menghubungkannya dengan sesuatu yang kurang serius, seperti flu.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan serangan jantung pada perempuan:

1. Nyeri di daerah selain dada

Dilansir dari healthyfoodhouse, dalam kebanyakan kasus, rasa sakit dapat terjadi di daerah selain dada. Seperti di lengan, punggung atau rahang.

Baca Juga: Kendalikan Tekanan Darah Tinggi dengan Konsumsi Air Jahe
Veneer Gigi Menjadi Trend Kecantikan Kaum Urban

2. Tekanan pada dada

Meskipun tekanan ini tidak seketat laki-laki, perempuan juga sering mengalami tekanan. Dimana kepenuhan nyeri pada dada di tempat yang tidak nyaman selama beberapa menit.

3. Berkeringat dan sesak napas

Jika kamu mengalami keringat dingin, akan semakin diperparah dengan olahraga. Atau jika disertai dengan nyeri dada, maka harus segera menghubungi dokter.

4. Mual atau muntah

Tanda-tanda ini sering dikaitkan dengan masalah seperti sakit perut. Tapi sebelum serangan jantung, perempuan juga sering mengalami mual atau muntah.

5. Kelelahan yang tidak biasa

Jika kamu terus lelah tanpa alasan yang jelas, dan juga mengalami beberapa gejala di atas, maka kamu harus mengunjungi dokter.

Video Trending Pilihan Editor : www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya