she.id

Yuk, Kenalan dengan Komunitas Anti Ponsel Pintar untuk Anak

Yuk, Kenalan dengan Komunitas Anti Ponsel Pintar untuk Anak
Anak bermain gadget (Shutterstock)

She -  Tak terbilang betapa banyaknya kini anak di bawah umur yang sudah kecanduan bermain gadget, bahkan hingga bergantungan dengan ponsel pintar. Misalnya saja anak yang tidak mau makan jika tidak sambil bermain ponsel, atau anak yang berhenti menangis setelah diberikan gadget.

Tapi mungkin berbeda dengan anak-anak di Colorado, Amerika Serikat, yang tidak akan diizinkan memiliki ponsel sendiri, sesuai apa yang diajukan oleh grup bernama Parents Against Underage Smartphones, orang tua anti ponsel pintar untuk anak di bawah umur.

Seperti yang dikutip Antara, demi mendukung pemungutan suara tahun depan mengenai kebijakan tersebut, laman Phone Arena melaporkan bahwa grup itu sampai mengumpulkan 300 ribu tanda tangan pendukung.

Ahli anesthesiolog asal Denver, Dr. Tim Farnum, ketua grup itu, mengatakan gerakan itu berawal dari dampak yang dialami anaknya karena ketergantungan ponsel.

Ia merasa anaknya mendapat dampak buruk akibat terus-menerus mengunci diri di kamar sambil bermain ponsel, yaitu perubahan kepribadian.

Baca Juga: Inspiratif, Komunitas Ini Tanam Bambu untuk Masa Depan
Tugas Mulia Komunitas Sahabat KAI di Stasiun Pasar Senen

Berdasarkan ajuan aturan tersebut, penjual akan diminta untuk menanyakan usia pengguna utama ponsel yang akan dibeli lalu melapor secara berkala, setiap bulan, ke Departemen Pendapatan Colorado.

Jika retailer melanggar, ia akan diberi teguran. Pelanggaran kedua akan berakibat denda sekitar 500 hingga 20 ribu dolar AS.

Gerakan tersebut mendapat argumen kontra dari orang-orang yang merasa hal tersebut tidak perlu campur tangan pemerintah.

American Academy of Pediatrics, asosiasi dokter anak, tahun lalu menyatakan anak di bawah 6 tahun sebaiknya tidak lebih dari satu jam per hari berada di depan layar.

Setelah di atas usia 6 tahun, perhimpunan itu menyarankan orang tua membuat batasan waktu agar tidak mengganggu aktivitas fisik dan jam tidur.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya