she.id

Cegah Kekurangan Vitamin A dengan Konsumsi Pisang Emas

Cegah Kekurangan Vitamin A dengan Konsumsi Pisang Emas
buah pisang (shutterstock).

She - Sekitar 650.000 sampai 700.000 anak dilaporkan meninggal dunia karena kekurangan vitamin A.

Kekurangan vitamin A disebut telah diakui sebagai masalah kesehatan masyarakat di banyak negara berkembang. Di banyak negara kekurangan vitamin A telah menjadi penyebab ribuan kematian khususnya pada anak-anak.

Namun penyakit kekurangan vitamin A dapat diobati dengan hasil penemuan terbaru oleh ilmuwan yang bekerja selama 12 tahun.

Baca Juga: Tak Banyak Tahu, Ini Khasiat Makan Es Krim di Pagi Hari
Ini Manfaat Biasakan Anak Konsumsi Ikan Sejak Dini

Ilmuwan dari Queensland University of Technology di Australia menemukan jenis baru dari pisang yang kaya akan pro-vitamin A yang telah dikembangkan dan dapat menyelamatkan ribuan nyawa. Pisang ini kerap disebut Pisang Emas.

Proses ekstensif dilaporkan melibatkan modifikasi sel pisang tunggal, yang kemudian tumbuh menjadi embrio pisang dan berkecambah menjadi tanaman.

"Tujuannya agar petani Uganda menanam pisang kaya akan pro-vitamin A pada tahun 2021. Apa yang telah kita lakukan adalah mengambil gen dari pisang yang berasal dari Papua Nugini dan secara alami sangat tinggi vitamin A namun memiliki tandan kecil, dan memasukkannya ke dalam pisang Cavendish," kata Profesor Dale yang memimpin penelitian tersebut seperti dilansir dari Next Shark.

Video trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya