she.id

Cegah Sembelit Dengan Beberapa Cara Sederhana Ini

Cegah Sembelit Dengan Beberapa Cara Sederhana Ini
Ilustrasi perempuan sakit perut (shutterstock)

She - Anda pernah merasakan perut kembung disertai dengan mual? atau bahkan Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar. Masalah yang timbul dalam pencernaan ini kerap kali disebut dengan Konstipasi, Konstipasi ini kondisi dimana seseorang tidak dapat buang air besar dengan mudah dan mengalami gerakan usus tidak lancar.

Orang mungkin menganggap sembelit bukan masalah besar bagi kesehatan bahkan ini dianggap sangat biasa, tapi bila masalah ini tidak ditangani tepat waktu, maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang serius dan berakhir dengan susah buang air besar, jika tidak segera diobatinya. Konstipasi itu sendiri disebabkan oleh pengerasan feses ( kotoran dalam perut ), kekurangan air atau dehidrasi dan pola makan yang buruk. Ini pun bisa menjadi dampak buruk pada psikologis seseorang salah satunya menjadi frustrasi karena rasa sakit serta membuat perut menjadi kembung.

Anda mungkin akan mengambil langkah dengan meminum obat-obat yang dijual diwarung untuk mengatasi masalah sembelit, namun untuk kondisi seperti ini ada baiknya untuk menggunakan bahan dasar alami yang dapat membantu dalam solusi tubuh anda. Salah satu manfaat terbaik dari obat-obatan alami ialah mengatasi konstipasi sembeli dan tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh

Dalam artikel ini kita akan mencantumkan beberapa bahan alami terbaik yang dapat membantu mengurangi sembelit ataupun konstipasi, seperti yang dilansir dalam Healthylife (16/7/2017) :

1. Biji ketumbar

Ambil dua sendok makan biji ketumbar. Ambil 1 gelas air. Anda bisa menambahkan lada juga (opsional). Tambahkan ramuan kedalam panci dan rebus selama beberapa menit. Biarkan dingin lalu saring airnya. Minumlah air ini 1-2 kali sehari.

2. Biji rami

Ambil dua sendok makan serbuk biji rami segar. Ambil satu cangkir yogurt. Campur kedua bahan dengan baik lalu dapatkan di pagi hari atau sebelum tidur di malam hari. Lakukan ini sampai gejala mereda.

3. Madu dengan Air Hangat

Ambil satu sendok makan madu. Ambil satu gelas air hangat. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh jus lemon. Campur semua bahan dengan baik dan kemudian memilikinya di pagi hari.

Baca Juga: Awas, Sering Konsumsi Obat Pencernaan Bisa Berbahaya
Manfaat Besar Cuka Apel untuk Gangguan Pencernaan

4. Kacang-kacangan

Kaya akan asam lemak omega-3, mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari dan pistachio membantu mengurangi pergerakan usus dan dengan demikian mencegah sembelit. Satu ons dari kacang-kacangan ini atau dicampur bersama membantu mencegah sembelit

5. Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum sembelit. Minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari penting untuk mempermudah buang air besar dan mencegah sembelit. Minum 8-10 gelas air setiap hari membantu.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya