she.id

Manfaat Kulit Bawang yang Jarang Diketahui

Manfaat Kulit Bawang yang Jarang Diketahui
ilustrasi kulit bawang (shutterstock).

She - Bawang, menjadi bumbu dapur yang ada dalam setiap masakan. Tidak hanya untuk masakan saja, bawang juga memiliki banyak manfaat lainnya, termasuk pada lapisan terluar bawang yaitu kulit bawang. Maka dari itu, setelah menggunakan bawang jangan pernah membuang kulitnya. Meskipun kulit bawang tidak bisa dimakan, tapi bermanfaat baik untuk kesehatan, kecantikan hingga kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa cara penggunaan kulit bawang, yang dilansir dari wittyfeed:

1. Antiinflamasi

Kamu dapat menyimpannya dalam air selama semalam, dan menggunakan sisa air setelah semua zat bermanfaat telah diserap oleh air. Kamu bisa menggunakan ini untuk mengatasi ruam, alergi atau erupsi kulit.

2. Membuat serangga menjauh

Jika banyak lalat dan nyamuk di rumah kamu, kulit bawang bisa menjadi jawabannya. Gunakan air yang sama seperti di atas dan letakkan di luar jendela serta pintu. Bau kuat dari kulit bawang merah akan mengusir serangga yang datang.

3. Sebagai hair conditioner

Setelah mencuci rambut, cukup bilas dengan beberapa kaldu dari kulit bawang. Cara ini akan membuat rambut lembut dan bergizi.

Baca Juga: Gadget Bikin 'Happy' Atau Pemicu Stres?
Perempuan Ini Raup Miliaran Rupiah Berkat Sabun 'Susu Kambing'

4. Mengurangi kolesterol

Kulit bawang juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tapi bukan berarti kamu dapat mengganti kulit bawang dengan melupakan olahraga atau pola makan sehat. Untuk mengolahnya, buat kaldu kulit bawang dan minum setiap hari. Tambahkan pula beberapa madu atau gula jika kamu tidak menyukai rasanya.

5. Membantu melawan infeksi perut

Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, kaldu kulit bawang juga bisa digunakan sebagai tonik untuk infeksi perut. Selain pengobatan dari dokter, kamu bisa memadukannya dengan kaldu kulit bawang juga.

6. Memiliki agen anti kanker

Selain sebagai anti inflamasi dan antioksidan, kulit bawang mengandung enzim yang dikenal sebagai 'Quercetin' yang membantu dalam melawan sel kanker. Dalam hal ini, kamu bisa menyiapkan teh kulit bawang merah dan memilikinya setiap hari sebelum tidur.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya