she.id

Mulai Sekarang Batasi Konsumsi Saus, Jika Tidak ...

Mulai Sekarang Batasi Konsumsi Saus, Jika Tidak ...
Ilustrasi saus sambal dan saus tomat (Shutterstock)

She -  Ada dua jenis saus yang paling kita kenal yakni saus sambal dan saus tomat. Saus yang dibuat dari cabe atau tomat yang sudah masak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Saus sambal atau tomat yang paling sering kita temukan sebagai pelengkap makanan, apalagi bagi kamu penikmat bakso, mi ayam, hingga gorengan sudah tidak asing lagi dengan kedua jenis saus tersebut.

Adapun, keduanya memang disebut-sebut bisa menambah cita rasa yang khas berbagai dari berbagai jenis makanan.

Dua jenis saus ini memang dibuat dari bahan alami diantaranya buah tomat dan cabai. Namun, bukan berarti keduanya sehat dan bisa dikonsumsi sebanyak mungkin. Nah, ternyata konsumsi saus kemasan juga ada bahayanya.

[baca_juga]

Meski keduanya sebenarnya merupakan pilihan yang cukup aman, terlalu sering mengonsumsinya juga ada risikonya buat kesehatan. Berikut bahaya jika berlebihan konsumsi saus kemasan, dilansir dari Hello Sehat.

Tinggi Kadar Garam

Tanpa disadari, saus tomat dan sambal kemasan adalah sumber natrium yang tinggi. Pasalnya, saus kemasan sudah ditambahkan banyak garam yang mengandung natrium. Menurut Food Standards Agency (FSA), yaitu badan pengawas makanan di Inggris, makanan yang termasuk tinggi garam mengandung 0,5 sampai 0,6 gram natrium per 100 gram. Sedangkan saus botolan mengandung hingga 1,2 gram natrium per 100 gram.

Ini berarti saus kemasan sangat tinggi kadar garamnya. Kebanyakan konsumsi garam sendiri bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Di antaranya adalah hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Tinggi Kadar Gula

Selain tinggi kadar garam, saus tomat dan cabai juga ternyata tinggi gula. Dalam satu sendok makan saus kemasan, kamu bisa mendapatkan asupan gula hingga empat gram. Padahal sekali makan, kamu bisa hingga lima sendok makan sambal, berarti 20 gram gula. Sementara itu menurut Kementerian Kesehatan, dalam sehari sebaiknya kamu tidak mengonsumsi lebih dari 50 gram gula.

Belum lagi kalau kamu konsumsi sambal dan saus sebagai cocolan kentang goreng atau tahu tepung. Kadar gula dari makanan-makanan itu sendiri sudah cukup tinggi tanpa ditambah gula dari saus kemasan. Mulai sekarang, sebaiknya batasi konsumsi saus secukupnya. (Dani Hermansyah)

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya