she.id

Ibu Konsumsi Gula Berlebih Saat Hamil, Ini Dampaknya pada Janin

Ibu Konsumsi Gula Berlebih Saat Hamil, Ini Dampaknya pada Janin
Ilustrasi ibu hamil minum smoothie atau jus sehat. (Foto: Shutterstock)

She - Sebuah penelitian telah mengklaim, perempuan hamil yang mengonsumsi gula berlebihan ternyata dapat meningkatkan risiko alergi dan potensi asma pada janin mereka.

Dikutip dalam laman Boldsky, temuan peneliti dari Queen Mary University of London (QMUL), mengungkapkan bahwa pada ibu dengan asupan gula tertinggi yang ditambahkan ke makanan atau minuman atau gula alami seperti madu, sirup dan jus buah tanpa pemanis, ada 38 persen peningkatan risiko alergi pada anak-anak, 73 persen alergi terhadap dua atau lebih alergen, dan 101 persen untuk asma.

Hubungan ini terjadi karena tingginya asupan fruktosa ibu menyebabkan respons imun alergi postnatal yang persisten yang dapat menyebabkan peradangan alergi pada paru-paru yang sedang berkembang.

Para peneliti menganalisis hubungan antara asupan ibu dengan gula pada kehamilan dan asma, eksim, atopi dan fungsi paru pada anak usia 7-9 tahun. Hasilnya menunjukkan asupan gula ibu dikaitkan secara positif dengan atopi dan asma atopik - kecenderungan genetik untuk mengembangkan penyakit alergi seperti rhinitis alergi, asma dan dermatitis atopik (eksim).

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Coba Konsumsi Jenis Makanan Ini
5 Tips Perawatan Kecantikan Aman untuk Ibu Hamil

Namun, tidak ditemukan ada hubungan dengan eksim atau demam.

"Kami tidak dapat mengatakan berdasarkan pengamatan ini bahwa asupan gula yang tinggi oleh ibu hamil pasti menyebabkan alergi dan asma alergi pada keturunan mereka," kata pemimpin peneliti Seif Shaheen, Profesor dari QMUL.

"Namun, mengingat konsumsi gula yang sangat tinggi, kami pasti akan menyelidiki hipotesis ini lebih lanjut dengan beberapa urgensi," kata Shaheen.

"Sementara itu, kami akan merekomendasikan agar ibu hamil mengikuti pedoman saat ini dan menghindari konsumsi gula yang berlebihan," tambahnya.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya