she.id

5 Kuliner Penghangat Tubuh Saat Musim Hujan

5 Kuliner Penghangat Tubuh Saat Musim Hujan
Ilustrasi sop konro iga sapi. (Flickr)

She - Berburu kuliner menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat kita berlibur ke luar kota. Makanan khas dengan beragam cita rasa yang menggugah selera membuat kita semangat untuk mendatangi tempat-tempat rekomendasi kuliner meski berada di pelosok kota.

Namun saat musim hujan seperti ini tentunya perlu makanan yang bisa menghangatkan tubuh disela dinginnya cuaca. Berikut ini rekomendasi beberapa makanan penghangat tubuh yang cocok Kamu nikmati saat musim hujan.

Baca Juga: Jus Wortel, Minuman Sehat yang Kaya Manfaat
Cara Efektif Turunkan Risiko Diabetes Saat Hamil

1. Wedang Durian

Bagi Kamu yang berada di Semarang, Wedang Durian boleh jadi rekomendasi yang tepat untuk dinikmati. Wedang yang merupakan sajian minuman hangat disajikan dengan buah durian yang memiliki rasa dan bau yang khas.

Buat Kamu yang penasaran untuk mencobanya, bisa datang ke On Air Warung Semarang. Menu wedang durian menjadi andalan dari warung tersebut.

2. Sop Konro Rempah

Makanan khas Makasar ini memang sangat cocok untuk menu makan siang Kamu saat musim hujan. Namun bagi Kamu yang sedang kebetulan berlibur ke Sulawesi khususnya di Buton, boleh mencoba untuk mampir ke rumah makan Wangi-wangi.

Disana Kamu bisa memesan Sop Konro yang begitu menggoda. Kuah parende berkaldu ayam yang begitu kental dengan sajian iga sapi yang empuk membuat Kamu tidak sabar untuk menyantapnya. Baunya dihasilkan dari bumbu rempah yang menggugah selera.

3. Sate Klatak

Kuliner yang satu ini sebelumnya memang sudah populer. Namun setelah salah satu adegan di film Ada Apa Dengan Cinta 2 kembali mengangkatnya, Sate Klatak menjadi salah stau kuliner paling dicari di Jogja.

Sate unik yang tusukannya dari jeruji besi sepeda ini memiliki rasa yang berbeda dengan sate lainnya. Tusuka daging yang lebih banyak dan matang merata membuat Kamu pasti ketagihan. Menikmati sate klatak yang baru dibakar saat hujan turun akan membuat Kamu merasakan sensasi yang berbeda.

4. Mie Caluek

Makan mie saat hujan memang selalu nikmat, apalagi jika makanan berbahan dasar tepung terigu ini disajikan berbeda. Mie caluek bisa menjadi rekomendasi kuliner yang cocok di musim hujan.

Adalah warung Bang Baka yang berada di Aceh, dikenal dengan mie caluek-nya yang nikmat. Mie caluek sendiri merupakan mie lidi yang digoreng kemudian dinikmati menggunakan sambal cabai merah atau bumbu pecal. Pedasnya sambal merah akan membuat Kamu berkeringat saat cuaca dingin.

5. Nasi Gandul

Satu lagi makanan berat yang cocok mengisi perut Kamu saat musim hujan. Nasi Gandul yang merupakan makanan khas Pati ini merupakan sajian nasi yang disiram kuah santan kaya rempah dan disertai semur daging kerbau dengan taburan bawang goreng.

Disajikan diatas daun pisang membuat selera makan semakin meningkat. Jika Kamu sedang berlibur ke daerah Pati, cobalah untuk mampir ke warung nasi gandul Romantis H S Sardi, yang sudah begitu melegenda.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya