she.id

ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)

She - Membersihkan wajah menjadi kegiatan yang tidak boleh terlewatkan, terutama bagi Perempuan setelah menggunakan make up atau seharian beraktivitas. Selain itu, membersihkan wajah bisa membuat kulit Kamu kembali cantik dan bersinar. Kebiasaan ini mungkin terlihat biasa, karena Kamu melakukannya setiap hari dengan tahapan yang sama, yaitu mencuci muka dan mengeringkannya. Meski Kamu menilai metode pembersihan Kamu sudah benar, bisa jadi terdapat beberapa kesalahan saat membersihkan wajah yang bisa membuat kulit Kamu tercemar. Oleh karena itu, periksa kembali cara pembersihan wajahmu.

1. Tidak mencuci tangan sebelum membersihkan wajah
Seperti dilansir dari Boldsky.com, mencuci tangan penting dilakukan sebelum membersihkan kulit wajah. Karena bisa jadi sebelum membersihkan wajah, tangan Kamu menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi oleh bakteri.

2. Tidak menghapus make up sebelum menggunakan pembersih
Tujuan utama dari membersihkan wajah adalah untuk untuk menghilangkan semua kotoran atau debu. Kamu dapat menggunakan pembersih yang lembut atau tisu untuk membersihkan wajah. Kemudian bersihkan kulit wajah dengan menggunakan sabun cuci muka atau scrub. Pastikan pembersih yang Kamu gunakan mengandung ekstrak minyak jojoba, shea butter, ekstrak biji anggur, dan bahan-bahan alami lainnya.

3. Tidak menggunakan air panas
Untuk kulit sensitif sebaiknya hindari penggunaan air panas, karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan kekeringan yang berlebihan pada wajah.

4. Hindari produk pengelupasan wajah
Sebaiknya Kamu menghindari menggunakan produk pengelupasan wajah yang keras secara sering. Jika memang diperlukan, aturlah waktu yang ideal untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari wajah. Sementara untuk pengelupasan kulit alami, Kamu dapat memanfaatkan gula dan madu. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kulit Kamu agar lebih lembap dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Perawatan Kulit Kering di Musim Hujan
Manfaat Luar Biasa Cokelat untuk Kecantikan

5. Menggosok Dengan Handuk
Menggosok wajah dengan handuk adalah kesalahan besar setelah membersihkan wajah. Menggosok dapat menarik kulit, mengakibatkan iritasi dan menyebabkan kemerahan serta keriput. Oleh karena itu, Kamu tidak boleh menggosoknya melainkan hanya menepuknya secara perlahan dengan handuk lembut dan bersih.

6. Tidak menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah
Usai membersihkan wajah, jangan lupa mengoleskan pelembap. Menerapkan pelembab pada kulit bisa menjadi perisai untuk mencegah kulit dari pengaruh faktor eksternal. Selain itu, dengan menggunakan pelembab akan menjaga kulit Kamu tetap sehat dan lembut.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya