she.id

Tarian Papua 'Hipnotis' Warga Australia

Tarian Papua 'Hipnotis' Warga Australia
Tarian Papua ditampilkan di pagelaran Celebration of Indonesia di Australia. (foto: Istimewa).

She -  Tidak seperti kebanyakan acara kesenian Indonesia yang menampilkan budaya Jawa atau budaya Bali, Celebration of Indonesia yang digelar di Balai Kota Melbourne, Australia pada 5 Agustus 2017 ini, justru mengangkat kesenian dari kawasan Indonesia Timur. Pagelaran yang menampilkan kesenian dalam ragam tari dan nyanyian ini menyedot 1200 pengunjung.

Sherley Hadisaputra, Project Director dari Celebration of Indonesia mengatakan alasannya mengapa tahun ini terfokus pada kesenian asal kawasan Indonesia timur karena menurutnya masih banyak warga Australia yang tidak tahun budaya Indonesia timur. "Banyak warga Australia yang masih belum mengenal Indonesia timur," ujar Sherley, seperti dilansir dari Australiaplus.

lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pemilihan tema ini sejalan dengan program pemerintah Indonesia yang sedang giat mempromosikan pariwisata di kawasan Indonesia timur.

Sejumlah tarian dari Sulawaesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, hingga ke Papua dihadirkan ke atas panggung dalam rangkaian cerita.

Baca Juga: Australia Incar Wisatawan Indonesia, KBRI Promosikan Kalimantan
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Puncak Jember Fashion Carnaval

Sherley mengatakan pertunjukkan ini melibatkan ratusan orang, termasuk lebih dari 70 penari dan 20 musisi, yang semuanya telah mendedikasikan diri sebagai sukarelawan.

Suguhan budaya asal Indonesia timur tidak hanya menjadi sesuatu yang berbeda bagi panggung kesenian Indonesia di Australia, tapi juga sejumlah warga Indonesia merasa baru pertama kali melihat tarian asal Indonesia timur.

Sherley berharap acara Celebration of Indonesia bisa digelar secara rutin dan menampilkan lebih banyak lagi keberagaman budaya Indonesia. (Arie Febstyo)

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya