she.id

4 Cara Menutupi Uban Tanpa Pewarna Rambut
ilustrasi rambut beruban (shutterstock).

She - Uban, merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari oleh semua orang. Dan biasanya, uban atau rambut putih di kepala mulai muncul setelah memasuki usia 30 tahun. Hal ini disebabkan turunnya pigmen warna yang disebut, melanin. Tapi sekarang ini, ada berbagai pewarna dan prosedur di pasaran yang membantu mengembalikan warna alami rambut. Perawatan seperti itu, meski efektif, namun pada akhirnya dapat merampas rambut dari minyak alaminya.

Dikutip dari timesofindia, untuk menghindari dan menutupi uban, bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini. Selain mudah didapat, bahan tersebut juga murah. Dan tentunya, akan memberi warna alami yang bagus serta menyehatkan rambut.

1. Kulit kentang

Kentang mengandung sejumlah besar pati. Bahkan kulitnya, berperan sebagai pewarna alami untuk membantu melestarikan warna rambut. Bahan ini secara perlahan akan menutupi uban selama beberapa bulan. Ambil kulit kentang, dan rebus dengan 2 gelas air. Kemudian angkat campuran tersebut setelah mendidih selama sekitar 10 menit. Biarkan campuran mendingin dan saring sebelum menuangkannya ke rambut. Aplikasikan pada setiap helai rambut dengan cairan itu, dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas dengan air.

2. Ghee (mentega bening)

Bahan ini banyak digunakan untuk membuat makanan lebih nikmat dan lezat. Tapi, selain itu juga bisa dipakai untuk menjaga warna rambut. Ghee akan menyehatkan rambut dan membantunya mendapatkan kembali warna aslinya. Caranya, pijat kepala menggunakan ghee (terbuat dari susu sapi). Lalu, biarkan selama satu jam dan bersihkan seperti biasa. Ulangi dua kali dalam seminggu, untuk hasil yang diinginkan.

[baca_juga]

3. Kopi

Kopi, agen pewarna yang sukses untuk menutupi uban. Penggunaan kopi secara teratur, akan membuat perbedaan yang signifikan dengan warna rambut dan rambut terlihat alami serta sehat. Mulailah dengan membeli kopi bubuk biasa, pastikan untuk membeli yang paling gelap tanpa pewarna atau citarasa tambahan. Kombinasikan 2-3 sendok makan kopi (tergantung panjang rambut kamu) dengan 100-150 ml air. Rebus adonan sampai mendapatkan cairan gelap dengan konsistensi yang kental. Selanjutnya, biarkan dingin dan oleskan secara merata di rambut. Diamkan di rambut selama sekitar 45 menit dan bersihkan kemudian.

4. Amla

Buah amla kaya vitamin C, yang dikenal dengan sifat restoratifnya saat berhubungan dengan pertumbuhan rambut. Amla, bahan utama dalam berbagai pewarna rambut sehingga aman digunakan untuk mewarnai rambut. Dengan kandungan melanin tingkat tinggi, Amla dapat memperlambat proses penggaraman dan juga membantu meningkatkan volume rambut. Campurkan beberapa bubuk amla dengan minyak kelapa. Kemudian, panaskan campuran dalam panci sampai minyak mulai mendidih. Biarkan campuran sedikit mendingin dan oleskan ke rambut selama 30-40 menit. Jika sudah, cuci dengan air dingin. Namun yang perlu diingat yaitu jumlah campuran harus sebanding dengan panjang rambut.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya