she.id

Jangan Dibuang, Biji Alpukat Bermanfaat Sebagai Anti Kanker

Jangan Dibuang, Biji Alpukat Bermanfaat Sebagai Anti Kanker
Buah Alpukat (Shutterstock)

She - Saat memakan alpukat, biasanya hanya mengambil daging buahnya saja dan setelah itu membuang biji alpukat karena mengira tidak bermanfaat. Tapi, tahukah kamu jika satu penelitian menemukan ada senyawa dalam biji alpukat yang akan mengubah pikiran kita sebelum membuangnya. Ya, bukan rahasia lagi bila buah alpukat sangat sehat. Namun senyawa ini, akan membuat keseluruhan buah menjadi lebih sehat. Diketahui, biji alpukat tersebut efektif mengobati jenis leukemia langka namun mematikan, yang dikenal dengan acute myeloid leukemia (AML).

Acute myeloid leukemia (AML), bentuk agresif dari kanker yang menyerang sel darah putih. Dengan alpukat, terutama biji alpukat dapat memanfaatkan senyawa yang disebut avocatin B untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Senyawa ini dipelajari oleh University of Waterloo dan Mount Sinai Hospital (keduanya di Kanada) serta Universitas Perugia, di Italia. Dan tampaknya, ampuh dalam melawan sel-sel yang menyebabkan kanker darah.

Dikutip dari healthylifeidea (12/8/2017), penelitian dilakukan dengan melibatkan sekitar 800 senyawa dan semuanya diuji terhadap sel leukemia. Yang paling manjur yaitu avocatin B, yang dapat mematikan sel kanker. Berita baiknya lagi ialah senyawa itu tidak mempengaruhi sel darah normal tubuh.

Banyak ilmuwan telah tertarik pada avocatin B, dan sekarang ini ada rencana untuk memanfaatkannya dalam mengembangkan obat untuk leukemia. Tentu saja, ini akan memakan waktu lama, tapi memang terlihat menjanjikan. Untuk saat ini, pengobatan terkini yang bisa dilakukan bagi penderita kanker darah, antara lain:

[baca_juga]

- Transplantasi sel induk
- Terapi radiasi
- Kemoterapi
- Terapi yang ditargetkan
- Terapi biologis

Oleh karena itu, ketika kamu makan alpukat jangan membuang biji alpukat terlebih dahulu. Seperti diketahui, buah alpukat mengandung vitamin B, termasuk folat, lemak sehat, potasium, vitamin C, dan vitamin K. Sementara biji alpukat, memiliki satu ton nutrisi yang berkhasiat, sebab sarat dengan fitokimia bioaktif dan antioksidan. Sebenarnya, 70% antioksidan dalam buah ditemukan pada biji itu sendiri.

Lalu, yang kini menjadi pertanyaan yaitu bagaimana cara memakan biji alpukat?.

Meski mungkin mengejutkan banyak orang, tapi biji alpukat memang bisa dimakan dengan nutrisi yang ada di dalamnya, seiring dengan manfaat anti kanker. Caranya, setelah mengekstrak biji dari buah, masukkan ke dalam kantung plastik. Kemudian, kamu bisa menghancurkannya dengan menggunakan palu. Setelah hancur, tambahkan ke smoothie favorit, sama seperti kamu mencampur makanan super lainnya, seperti biji chia. Atau kamu juga bisa mengolahnya dengan di blender setelah menghancurkannya dengan palu.

Video Trending Pilihan Editor: www.she.id

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya