she.id

Kebiasaan Pakai Sepatu di Dalam Rumah Bisa Bawa 421 Ribu Bakteri

Kebiasaan Pakai Sepatu di Dalam Rumah Bisa Bawa 421 Ribu Bakteri
Ilustrasi memakai sepatu di dalam rumah (Foter/ResinMuse)

She - Kebiasaan melepas sepatu ketika masuk kedalam rumah memang sudah jamak dilakukan sejak usia anak-anak. Sejak kecil pun Kamu pasti sudah diberitahu orang tua untuk tidak memakai sepatu kotor dari luar masuk ke dalam rumah.

Setelah melepas sepatu kotor, kebiasaan kita berlanjut di dalam rumah dengan mengganti sepatu dengan sandal jepit atau bahkan telanjang kaki.

Namun seiring bertambah usia, kebiasaan ini mungkin mulai berubah. Kamu mulai menyepelekan pentingnya melepas sepatu luar saat masuk rumah. Hal ini makin terlihat saat Kamu merasa sedang buru-buru dan hanya butuh waktu sebentar untuk masuk rumah.

Parahnya, Kamu 'melengkapinya' dengan kebiasaan tak membersihkan dulu sepatu di atas keset.

Jika Kamu punya kebiasaan seperti ini, ada baiknya untuk segera menghentikannya. Sepatu luar yang masuk rumah akan membuat rumah mu penuh sesak dengan bakteri. Memakai sepatu di dalam rumah adalah hal paling menjijikan yang bisa dilakukan.

Dilansir dari laman Metro, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona menemukan bahwa sepatu Kamu memiliki 421 ribu bakteri. Tak cuma itu, dari jumlah sebanyak itu terdapat sembilan tipe bakteri yang berbeda.

Beberapa di antaranya adalah E.coli (penyebab diare), Serratia ficaria (penyebab masalah pernapasan), sampai Klebsiella pneumoniae (penyebab infeksi saluran kemih).

Baca Juga: Lingkungan Tercemar Bisa Jadi 'Pembunuh' Balita
Pola Makan Tidak Konsisten Dapat Berujung Penyakit

"Kamu mungkin berjalan dan menginjak kotoran burung, kotoran anjing, sampai kuman di lantain toilet umum, semuanya penuh dengan bakteri E.coli," kata salah satu penulis, Kelly Reynolds.

"Selain itu, Kamu juga mungkin menginjak daun dan puing, hal ini akan menjadi makanan untuk bakteri dan membantu pertumbuhannya."

Sepatu yang masuk dalam rumah bukan hanya soal masalah bakteri. Sisa aspal beracun dan tar yang menempel di sepatu akan berisiko menyebabkan kanker. (Restu Saputra)

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya