she.id

Sutradara dan Aktris Iran Boikot Academy Awards

Sutradara dan Aktris Iran Boikot Academy Awards
Aktris Taraneh Alidoosti dalam Film ''The Salesman' (youtube)

She - Malam penghargaan Academy Awards 2017 akan digelar di Kodak Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (26/2/2017) waktu setempat. Sutradara asal Iran Asghar Farhadi dan aktris Taraneh Alidoosti telah mengumumkan akan memboikot acara penghargaan film tahunan itu.

Boikot sebagai bentuk protes atas kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Kebijakan itu terkait larangan pengungsi dari tujuh negara muslim masuk Negeri Paman Sam.

Seperti dikutip Independent, Film Farhadi yang berjudul 'The Salesman' masuk nominasi untuk kategori Foreign Language. Film besutan Farhadi akan bersaing dengan Land of Mine (Denmark), Toni Erdmann (Germany), A Man Called Ove (Swedia) and Tanna (Australia).

Ketidakhadiran Farhadi disampaikan pendiri sekaligus Presiden Dewan Nasional Iran-Amerika, Trita Parsi.

"Terkonfirmasi: Sutradara Iran Farhadi tidak akan menghadiri Oscar. Ia dinominasikan untuk best foreign language film," tulis Trita Parsi melalui akun Twitter @tparsi.

Baca Juga: Film Shahrukh Khan Dicekal di Pakistan
Didatangi Pengemis, Ini Reaksi Shahrukh Khan

Film 'The Salesman' mengisahkan seorang guru SMA (Shahab Hosseini) yang berusaha membalas dendam terhadap pelaku yang menyerang istrinya (Taraneh Alidoosti) di apartemen mereka. Film ini akan dirilis di Inggris pada 31 Maret mendatang.

Farhadi mencetak sejarah dengan memenangkan penghargaan Academy Awards pada tahun 2012. Filmnya yang berjudul A Separation menjadi film Iran pertama yang memenangkan Oscar.s.

Selain Fahardi, aktris yang membintangi 'The Salesman' Taraneh Alidoosti jugam kebijakan Trump. Melalui akun Twitternya, ia mengatakan tidak akan menghadiri acara pada malam penghargaan.

"Larangan visa bagi warga Iran adalah rasis. Apakah ini akan mencakup acara budaya atau tidak, saya tidak akan menghadiri #AcademyAwards2017 sebagai bentuk protes," kata Alidoosti di akun Twitter-nya.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya