she.id

Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Mengkonsumsi Buah Nanas?

Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Mengkonsumsi Buah Nanas?
Buah nanas (shutterstock).

She -  Mengkonsumsi buah nanas bagi ibu hamil, sampai saat ini memang masih menjadi pro dan kontra. Sebagian orang mengatakan buah ini memiliki efek negatif bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, namun ada juga yang mengatakan bahwa buah nanas justru baik bagi kehamilan.

Ternyata kedua pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah. Dikutip dari Livestrong, buah nanas akan berdampak buruk apabila dikonsumsi diawal kehamilan. Ketika janin masih lemah, kandungan bromelain pada nanas akan memicu kontraksi rahim yang akhirnya menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi buah nanas ketika hamil muda.

Baca Juga: Cara Mudah Memotong Buah Nanas dengan Cepat
Nanas, Si Buah Tropis yang Banyak Menyimpan Manfaat

Meski dapat menyebabkan keguguran saat hamil muda, nanas justru disarankan untuk dikonsumsi ketika hamil tua lho. Sebab kandungan enzim bromelain dan vitaminnya dapat merileksasi otot rahim sehingga mempercepat proses persalinan.

Dibandingkan dengan efek negatifnya, nanas sebenarnya memiliki manfaat yang lebih banyak. Hampir semua penyakit bisa dicegah berkat buah nanas. Tidak ada salahnya bagi kamu yang sedang hamil untuk memasukkan buah ini ke dalam menu diet sehari-hari demi mendapatkan semua manfaat buah nanas secara maksimal.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya