she.id

Awas, Konsumsi Garam dan Gaya Hidup Ini Bisa Bikin Tulang Rapuh

Awas, Konsumsi Garam dan Gaya Hidup Ini Bisa Bikin Tulang Rapuh
ilustrasi garam (shutterstock).

She -  Tahukah kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih bisa menyebabkan tulang cepat rapuh. Ya, hal ini dikarenakan kandungan natrium yang tinggi dalam garam dapat mengikat air dan kalsium yang dapat menguatkan tulang. Akibatnya, kamu dapat terkena dan mengalami osteoporosis khususnya bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Sebagai alternatif lain, untuk rasa asin gunakan seperti keju misalnya, yang baik untuk tubuh dan tulang karena mengandung kalsium dari susu. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa gaya hidup buruk lainnya yang bisa membuat tulang jadi rapuh.

1. Merokok

Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan jantung, namun juga dapat membuat kamu berisiko tinggi untuk terkena osteoporosis di kemudian hari.

2. Kurang Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang dapat berubah menjadi vitamin D sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang mampu membuat tulang jadi kuat. Oleh karena itu jika kamu jarang berjemur di bawah sinar matahari pagi, maka bisa dipastikan bahwa kesehatan tulang kamu akan menurun.

3. Alkohol

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol mampu mempengaruhi kesehatan tulang. Dan hal ini memang benar sebab alkohol dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Baca Juga: Cegah Osteoporosis dengan Menghindari Kebiasaan Buruk Ini
Mengenal Penyakit Langka Pada Tulang yang Mudah Patah


4. Kurang berolahraga

Kurang berolahraga ternyata tak hanya membuat tubuh mengalami diabetes, namun juga tulang jadi rapuh.

5. Minuman berkafein

Selain itu mengkonsumsi kopi ternyata juga bisa membuat tulang rapuh. Hal ini disebabkan karena kafein dalam kopi mampu mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

6. Minuman bersoda

Minuman yang berkadar soda tinggi mengandung phosphoric acid yang menyebabkan jumlah kalsium dalam tulang terbuang lewat urin. Maka dari itu, sebaiknya hindari minuman soda dan alangkah baiknya mengganti dengan air mineral.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya