she.id

Kolang Kaling, Buah Mungil yang Punya Khasiat untuk Kesehatan

Kolang Kaling, Buah Mungil yang Punya Khasiat untuk Kesehatan
Kolang Kaling (Foto : Instagram / r_hsw)

She -  Siapa yang tidak mengenal kolang kaling? Ya, buah ini menjadi salah satu camilan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi saat bulan ramadhan tiba, hampir semua pedagang menjual buah kolang kaling, karena sering dijadikan sebagai menu buka puasa.

Tapi tahukah kamu ternyata buah yang dikenal dengan nama buah atap ini ternyata memiliki banyak manfaat. Hal ini dikarenakan kolang-kaling mengandung protein, karbohidrat dan kadar air yang tinggi. Lalu manfaat apa sajakah yang dimiliki kolang kaling? Berikut penjelasannya dikutip dari berbagai sumber.

1. Menu Diet

Menurut penelitian, 100 gram buah kolang kaling mengandung 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Sedangkan kadar airnya sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika Kamu konsumsi. Kandungan gelatin yang dimiliki kolang kaling inilah yang memberi efek mengenyangkan perut.

Baca Juga: Minum Air Rebusan Lada Hitam dan Lihat Khasiatnya
7 Cara Mudah Mengurangi Kalori Tubuh


2. Memperkuat Tulang

Kolang kaling mengandung kalsium 91 miligram kalsium yang sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, bahkan bisa digunakan sebagai alternatif pengganti susu. Tak heran jika para lansia juga dianjurkan mengkonsumsi kolang kaling agar tulang tidak rapuh.

3. Mencegah Radang pada Sendi

Selain untuk tulang, ternyata manfaat kolang kaling ini juga besar untuk sendi. Buah yang memiliki kandungan zat galaktomanan ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Selain juga dapat melancarkan pencernaan, Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

5. Mengatasi Anemia

Selain itu kolang kaling juga bermanfaat untuk mengatasi anemia. Kamu tidak perlu mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Cukup dengan mengkonsumsi 100 gram kolang kaling. Kamu akan berenergi dan bersemangat menghadapi kegiatan hingga sore hari. Zat besi yang ada di dalam kolang kaling akan memberi manfaat untuk mengalirkan karbondioksida dan oksigen ke seluruh tubuh.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya