she.id

Pesona Keindahan Danau Tiga Warna, yang Ada di Gunung Kelimutu

Pesona Keindahan Danau Tiga Warna, yang Ada di Gunung Kelimutu
Danau Kelimutu (Foto : Instagram / tantimalasari)

She -  Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Setiap pulau selalu punya tempat wisata sendiri yang dapat memikat mata, salah satunya adalah Pulau Flores.

Pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki beberapa destinasi menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Satu keajaiban alam yang sangat menakjubkan di daerah ini adalah Danau Kelimutu. Dinamakan demikian karena danau ini memang berada di puncak gunung berapi yang bernama Kelimutu.

Terletak di ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut, Danau Kelimutu hadir dengan keunikannya yang memiliki tiga buah ‘kubangan’ atau kawah dengan warna yang berbeda-beda. Maka tak heran danau ini juga dikenal dengan nama Danau Tiga Warna.

Jika pada umumnya warna air danau merah, putih dan biru, namun Danau Kelimutu bisa berubah warna menjadi hijau, hitam dan cokelat atau beberapa warna lainnya. Jarak antar ketiga danau ini sebenarnya tidaklah berjauhan, hanya dipisahkan oleh tebing batu curam yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter. Hal ini jugalah yang menjadi peringatan bagi wisatawan yang datang agar dapat berhati-hati dan menjaga jarak aman.

Baca Juga: Wah, Danau Unik Ini Berada Di Lapisan Es Greenland
Keindahan Kampung di atas Awan


Ketiga danau atau tiwu (dalam bahasa setempat) yang ada di Gunung Kelimutu ini, memiliki warna dan nama yang berbeda-beda, antara lain Tiwu Ata Mbupu yang diyakini menjadi tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur atau orang tua yang meninggal ketika mereka tua, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang menjadi tempat arwah-arwah yang meninggal di usia muda, dan yang terakhir adalah Tiwu Ata Polo yang menjadi tempat berkumpulnya arwah-arwah orang yang semasa hidupnya sering melakukan kejahatan.

Menurut warga sekitar, Danau Kelimutu memiliki kekuatan magis yang luar biasa besar. Hal ini membuat danau sangat dikeramatkan dan memberikan kesuburan pada daerah sekitarnya. Maka tak jarang sering diadakan upacara adat di danau tersebut di mana masyarakat memberikan persembahan hasil bumi kepada arwah di danau tersebut.

Tak hanya itu, warga setempat juga percaya bahwa perubahan warna yang terjadi di Danau Kelimutu bisa menjadi pertanda buruk akan terjadinya suatu bencana di Indonesia.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya