she.id

Berbagai Macam Cara Pengobatan Penyakit dengan Daun Sirih

Berbagai Macam Cara Pengobatan Penyakit dengan Daun Sirih
Daun Sirih (Foto : Instagram / backyard.heaven)

She -  Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan daun sirih. Ya tanaman alami ini sangat mudah ditanam dan ditemukan, karena merupakan salah satu tanaman yang populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan tanaman bernama nama latin piper batle l ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Daun sirih mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol, sehingga tidak heran jika sejak zaman nenek moyang kita dulu, tanaman ini sudah sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Mengatasi mimisan

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung. Untuk menghentikan mimisan tersebut, kamu cukup mengambil selembar daun sirih kemudian patahkan bagian daunnya dan gulung. Setelah itu rebahkan pasian dan masukkan daun sirih yang sudah digulung tadi ke lubang hidung yang mimisan. Diamkan kurang lebih 15-30 menit sampai darah berhenti.

2. Mengatasi sakit gigi

Sakit gigi memang sangat mengganggu, apalagi pada saat malam hari, bisa membuat kita tidak bisa tidur. Untuk mengatasinya kamu dapat merebus daun sirih. Setelah mendidih diamkan sejenak biar tidak terlalu panas yang nantinya Kamu gunakan untuk berkumur. Ulangi berkumur dengan rebusan air sirih tersebut beberapa kali sampai sakit gigi sembuh terutama pada area gigi yang sakit. Selain untuk sakit gigi, resep ini juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi sariawan, bau mulut dan gusi bengkak.
   
3. Mengobati sakit jantung

Daun sirih juga bisa sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit jantung. Caranya Cuci tiga lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya, tiga buah bawang merah, dan empat buah biji kemukus. Kemudian tumbuk sampai hangus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Kemudian aduk sampai rata dan saring. Minum air ramuan tersebur dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin dan teratur.

4. Mengobati penyakit asma

Caranya, siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.

5. Menyembuhkan radang tenggorokkan

Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas sehari.

[baca_juga]


6. Mengobati batuk

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

7. Mengobati penyakit Bronchitis

Untuk mengobati penyakit ini, yang kamu butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

8. Obat luka bakar ringan

Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali.

9. Mengobati demam berdarah

Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.

10. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat kamu bolak-balik ke kamar mandi, jika kamu mengalami diare kamu dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun sirih dengan cara mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya