she.id

5 Tips Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil Saat Awal Kehamilan

5 Tips Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil Saat Awal Kehamilan
Ilustrasi ibu hamil minum smoothie atau jus sehat. (Foto: Shutterstock)

She -  Menjaga dan merawat kecantikan kulit sudah menjadi keharusan bagi setiap wanita. Bahkan meskipun dalam kondisi hamil, tidak serta merta menjadi malas-malasan untuk menjaga kulit dengan alasan lupa atau ketakutan karena membahayakan kehamilan. Masalah kulit yang sering terjadi pada wanita hamil adalah munculnya stretch mark.

Jika tidak diperhatikan sejak awal kehamilan, stretch mark akan mengganggu keindahan kulit kamu. Pada dasarnya stretch mark tidak bisa dihilangkan kecuali dengan laser. Oleh karena itu demi menjaga kulit agar tidak meninggalkan stretch mark di kemudian hari, wanita hamil bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Mengontrol Berat Badan Tiap Minggu

Ini sangat penting dilakukan bagi wanita hamil. Meski makan untuk 2 orang, tidaklah menjadi alasan untuk kamu makan dalam porsi yang sangat berlebihan. Jaga berat badan agar tetap normal dan stabil setiap minggunya. Jangan lupa untuk memilih makanan yang mengandung sedikit gula dan lemak dan bisa membuat wanita hamil kenyang lebih lama, seperti Outmilk ato roti tawar gandum.

2. Melembabkan Permukaan Kulit Sejak Dini

Saat dinyatakan hamil, jangan lupa untuk mengoleskan minyak zaitun atau pelembab khusus untuk ibu hamil. Meski perut masih rata, ibu hamil harus rajin mengolesi pelembab sejak dini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Oleskan pelembab di bagian perut, lipatan ketikak,paha, pantat, leher maupun payudara.

3. Memperhatikan Konsumsi Vitamin dan Mineral

Selain pelembab, jaga juga kelembaban kulit dari dalam dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Selain baik untuk kulit, air putih juga baik untuk kehamilan dan janin. Jangan lupa lengkapi kebutuhan vitamin dengan mengkonsumsi buah-buahan, terutama vitamin E dan C pada pisang, pepaya, mangga, minyak zaitun, dsb.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dengan Rutin Konsumsi Susu
Ini Pentingnya Ibu Hamil Wajib Cukupi Kebutuhan Gizi


4. Tidak Menggaruk Jika Terasa Gatal

Jika bagian perut, lipatan ketikak,paha, pantat, leher maupun payudara terasa gatal, jangan digaruk. Cukup usapkan saja permukaan kulit yang gatal. Perbaiki sirkulasi udara ruangan, agar tidak terlalu berkeringat, karena semakin berkeringat nantinya kulit akan semakin gatal.

5. Olahraga Secara Teratur

Meskipun hamil, olahraga juga tetap dibutuhkan untuk mengatasi sakit pinggang, tulang punggung,kaki kesemutan, melatih keseimbangan bahkan kaki kram saat dini hari. Kamu bisa mengikuti kelas yoga, senam hamil. Atau jika khawatir, kamu bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui olahraga apa yang baik untuk dilakukan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya