she.id

Waspada, 6 Bahan Kosmetik Ini Ternyata Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Waspada, 6 Bahan Kosmetik Ini Ternyata Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Kosmetik (Shutterstock)

She -  Wanita mana yang tidak ingin terlihat cantik? Semua pasti menginginkannya, tak terkecuali ibu hamil. Jika ingin tampil cantik dan menggunakan produk kecantikan boleh-boleh saja, namun yang harus diperhatikan adalah tidak semua kosmetik aman untuk ibu hamil, karena bahan yang terkandung didalamnya bisa berpengaruh terhadap janin.

Jika saat kehamilan kamu ingin beralih ke produk perawatan untuk bayi, mulai dari sabun mandi, bedak, pelembab tapi sebaiknya kamu juga harus hati-hati. Beberapa dari produk bayi ternyata mengandung bahan yang berbahaya untuk ibu hamil. Lalu apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Hidrokortison

Ada beberapa ibu hamil mungkin mengalami hormon berlebih yang dapat memicu banyaknya jerawat diwajah, tapi jangan asal membeli obat jerawat. Pastikan dulu obat jerawatnya tidak  mengandung hidrokortison. Biasanya bahan ini terkandung dalam obat jerawat berbentuk krim, dan dipercaya dapat meracuni janin yang berujung pada lahir dalam kondisi cacat.

2. Accutane

Bahan ini terdapat pada pengobatan oral jerawat. Jika dikonsumsi pada masa hamil, bahan ini dapat mengakibatkan keguguran dan membuat bayi lahir cacat serius.

3. Phathalates / Dibutyl Phathalate (DBP)

Bahan sering terdapat dalam produk seperti cat kuku, deodoran, hair spray atau parfum. DBP ini dapat dideteksi bila adanya aroma tertentu yang tercantum pada komposisi kosmetik. Agar lebih aman, lebih baik pilih kosmetik yang non parfum.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Produk Kosmetik Bersertifikat Halal
Ternyata Tak Semua Produk Kosmetik Itu Berguna


4. Parabens

Paraben adalah zat pengawet sintetis. Selain dipakai pada produk kosmetik juga sering dipakai untuk makanan, deterjen, lem, obat, dan sebagainya. Paraben yang banyak dipakai dalam kosmetik adalah butylparaben, methylparaben, propylparaben, isobutylparaben dan isopropylparaben. Meskipun diklaim sebagai pengawet paling aman, namun dokter kulit mencurigai Parabens dapat mempengaruhi alat reproduksi janin, khususnya yang berjenis kelamin laki-laki serta dapat meningkatkan resiko kanker bagi pemakainya.

5. Retinol A

Retinol merupakan vitamin A dari substansi hewani. Mempunyai fungsi untuk meningkatkan kolagen, memperbaiki pembuluh darah, mempercepat regenerasi sel, mengatasi jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat, mengatasi kulit kusam, serta menghilangkan flek. Namun dosis yang tinggi dapat mengganggu pertumbuhan janin.

6. Benzoil Peroksida dan Salicylic Acid (BHA atau Beta Hydroxy Acid)

Bahan ini biasanya ada pada produk-produk untuk mencegah dan mengobati jerawat dan juga pada obat anti penuaan kulit. Jika kamu mengonsumsi aspirin dan menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan ini dapat mengakibatkan keguguran dan terjadi komplikasi pada kehamilan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya