she.id

Yuk Intip Perawatan yang Baik untuk Kulit Sensitif

Yuk Intip Perawatan yang Baik untuk Kulit Sensitif
Ilustrasi wanita menggunakan toner (Foto: Shutterstock)

She -  Jika kulit wajah kamu sering mengalami gatal kemerahan, terasa panas dan berbintik, bisa jadi kamu memiliki kulit yang sensitif. Jenis kulit ini lebih mudah bereaksi pada bahan kimia dan kondisi-kondisi yang tidak biasa, seperti saat menggunakan produk perawatan kulit, udara yang cenderung panas maupun berpolusi tinggi.

Lalu bagaimana menyikapinya? Ada beberapa tips do and dont it bagi kamu yang berkulit sensitif. Apa sajakah yang harus diingat dan dilakukan, berikut penjelasannya.

1. Kurangi bahan kimia (produk perawatan kulit)

Secara umum, kita memakai 5-6 produk perawatan sehari, dengan begitu secara otomatis kulit kita terkena hampir 100 jenis bahan kimia. Sebenarnya pemilik kulit sensitif, hanya membutuhkan produk perawatan kulit pembersih, pelembab, tabir surya dan krim mata (hanya bila dibutuhkan).

2. Hindari bahan kimia yang bersifat keras dan merusak kulit

Hindari penggunaan penyegar wajah atau toner dengan bahan dasar alkohol. Selain itu hindari pula bahan perawatan yang bersifat meluruhkan kulit seperti retinol dan AHA (bahan ini juga bahaya utk ibu hamil). Tak hanya itu tidak jarang pula pada beberapa pengalaman pemilik kulit sensitif memiliki reaksi pada pewangi, pewarna dan bahan pengawet (terutama jenis formadelhyde). Jadi usahakan untuk selalu teliti mengenai komposisi bahan dari produk kecantikan sebelum membeli produk.

3. Gunakan pembersih wajah berbentuk lotion

Ada baiknya pemilik kulit sensitif menggunakan pembersih wajah berbentuk lotion, susu atau cleansing milk, atau juga cleansing oil yang bahannya lebih lembut dari sabun dan air. Tapi bisa juga kamu menggunakan sabun untuk bayi agar aman di wajah kulit sensitif.

Baca Juga: Scrub Apel Bantu Atasi Kulit Wajah Kering dan Berminyak
Kenali Penanganan Kulit Kering dengan Benar

4. Membersihkan wajah dengan lembut

Saat membersihkan wajah lakukan dengan lembut dan tidak menggosok berulang-ulang. Bilas dengan air suhu normal dan jangan terlalu sering membersihkan wajah, cukup 1-2x sehari.

5. Gunakan pelembab seketika setelah membersihkan wajah

Karena kulit yang sensitif itu cenderung kering, jadi makin kering kulitmu maka semakin parah pula kondisinya. Gunakan pelembab ringan 2x sehari, namun jika kulitmu jenisnya campuran (bagian T berminyak, selain itu kering dan sensitif) kamu cukup olesin pelembab dibagian yang kering ato mengelupas saja.

6. Pilih produk hypoallergenic

Agar lebih aman, kamu bisa membeli rangkaian produk dengan label hypoallergenic dan berbahan dasar alami terutama berbahan dasar chamomile, susu dan liquorice.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya