she.id

3 Hal yang Harus Dilakukan Agar Gula Darah Tetap Stabil

3 Hal yang Harus Dilakukan Agar Gula Darah Tetap Stabil
Ilustrasi pengukur gula darah (Pixabay/stevepb)

She -  Pola makan dan gaya hidup memang menjadi salah satu tolak ukur kesehatan seseorang. Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa beberapa makanan yang tersaji sebenarnya tidak baik bagi kesehatan.

Akhirnya tanpa memikir panjang kita tetap mengkonsumsi makanan tersebut. Padahal, salah mengkonsumsi makanan ternyata bisa membuat penyakit, salah satunya meningkatnya kadar gula dalam darah. Dilansir dari laman Health.com, berikut 3 hal yang harus dilakukan agar gula darah dalam darah tetap stabil.

1. Konsumsilah protein dan serat

Stabilkan gula darah kamu dengan mengonsumsi protein dan serat yang mudah larut. Jika tidak, gula darah akan terhambat, sehingga kamu merasa lapar dan ingin makan lagi, ujar konsultan nutrisi Brierley Horton, MS, RD. Pilihan camilan yang bisa kamu makan antara lain telur rebus, atau sayuran.

2. Siapkan makanan sehat di waktu makan berikutnya

Mengkonsumsi makanan manis membuat kamu ingin lebih banyak makanan tak sehat. Taruhlah makanan sehat di atas meja makan kamu, sehingga tidak akan tergoda untuk memesan makanan dari luar.

Baca Juga: Air Rebusan Jambu Biji Bisa Turunkan Kadar Gula Darah
Tips Lancar Berpuasa bagi Penderita Diabetes


3. Konsumsi probiotik

Sebuah studi dari Oregon State University menunjukkan bahwa bakteri "buruk" di usus memakan gula yang dikonsumsi dan ini dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang.

Bila kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, cobalah konsumsi probiotik 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya