she.id

Begini Cara Memilih Buah Naga yang Berkualitas dan Manis

Begini Cara Memilih Buah Naga yang Berkualitas dan Manis
Buah Naga (Shutterstock)

She -  Es buah sepertinya menjadi salah satu minuman favorit untuk menu berbuka puasa.

Manisnya sirup ditambah segarnya potongan-potongan buah begitu melegakan tenggorokan.

Buah yang sepertinya tak pernah lupa menjai campuran menu menyegarkan ini yakni buah naga.

Selain rasanya yang begitu enak dan segar, buah ini memiliki efek atau manfaat yang bagus terhadap tubuh kita.

Jika melihat asal usulnya, buah ini berasal dari negara di benua Amerika yaitu Meksiko, kemudian di bawa oleh orang Prancis sekitar tahun 1870 dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Jenisnya sendiri terbagi menjadi dua, buah naga merah dan buah naga putih. Meski berbeda warna namun khasiatnya tetap sama bagi kesehatan.

Memilih buah naga yang bagus dan manis memang susah susah gampang.

Dibutuhkan beberapa kali pengalaman agar kita mahir menemukan buah naga yang kita inginkan. Berikut ini cara untuk memilih buah naga yang bagus dan manis, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Periksa kulit luarnya

Buah naga memiliki kulit warna pink yang cerah dan mulus. Sebaiknya kita tidak memilih buah naga yang terdapat noda-noda kotor, memar, terdapat lubang lubang kecil atau bekas sayatan pisau pada kulitnya. Carilah buah naga yang warnanya merata.

Baca Juga: Doa Ini Lindungi Para Wanita dari Godaan
Punya Banyak Manfaat, Puasa Juga Tingkatkan Kinerja Otak

2. Sentuh batang buah

Batang yang bertekstur empuk menunjukkan bahwa buah naga tersebut sudah matang. Itu menandakan bahwa buah naga memang seharusnya sudah dipanen. Jika tidak, buah ini akan jatuh ke tanah dan menghasilkan tunas di kemudian hari.

3. Periksa juga daun atau kelopak yang menutupi kulit buah naga

Mereka pun harus berwarna cerah tanpa ada warna kecoklatan pada ujung-ujungnya. Tanda kecoklatan bisa berarti buah naga tidak tumbuh dengan baik atau sudah terlalu lama dalam ruang penyimpanan
4. Tekan sedikit pada kulit buah naga

Buah naga yang sudah matang juga bisa diukur dari kekenyalan dagingnya. Tekan jari ke dalam kulit buah naga, jika terlampau keras berarti buah itu belum matang. Ini seperti halnya kita memeriksa buah alpukat atau mangga.

5. Cium aroma dari buah naga

Cium bagian luar kulit buah naga. Jika Anda mencium aroma tropis yang ringan artinya daging di dalam kulit buah naga itu telah matang dan manis. Biasanya memiliki sensasi segar.

Kelima tips memilih buah naga ini cukup efektif untuk mengetahui bahwa buah naga yang kita pilih bermutu bagus dan manis atau tidak. Semoga bermanfaat.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya