she.id

Belanja Hemat di Bulan Ramadan, Ini Dia Triknya

Belanja Hemat di Bulan Ramadan, Ini Dia Triknya
Ibu Rumah Tangga yang sedang belanja (Foto: Shutterstock)

She -  Ingin belanja lebih hemat di bulan ramadan ini? mulailah dari tidak menyisakan makanan dan tidak tergoda dengan potongan harga atau diskon.

Sisa makanan dan pemborosan adalah dua dari sekian masalah yang muncul saat berbelanja.

Godaan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak perlu, diskon menggiurkan menjadi tantangan berat yang harus diatasi.

Penulis TreeHugger, Katherine mengungkapkan dirinya memiliki beberapa aturan saat berbelanja.

Tujuannya agar berbelanja dengan tepat sasaran sehingga tidak membeli terlalu banyak makanan yang cenderung berakhir di tempat sampah.

1. Jangan berbelanja saat lapar
Ini merupakan strategi diet terkenal, tetapi juga berlaku untuk tidak membuang-buang makanan dan tabungan. Penelitian menunjukkan belanja saat lapar tidak hanya akan membeli makanan berkalori tinggi tetapi lebih dari itu.

Ini juga berlaku untuk belanja barang-barang non-makanan. Kondisi lapar secara alamiah dapat meningkatkan keinginan memperoleh sesuatu, terlepas apakah sesuatu itu dibutuhkan atau tidak.

Baca Juga: Buah Hati Lahir di Awal Ramadan, Raditya Dika Beri Nama Unik
Sajikan Dimsum Favorit Keluarga di Rumah, Begini Cara Membuatnya

2. Jangan berbelanja saat lelah
Sebuah studi di Swedia menemukan kurang tidur menyebabkan tidak hanya pembelian makanan berkalori tinggi, tapi lebih juga makanan berat lainnya.

Masalah lain yang muncul ketika berbelanja saat lelah adalah lebih tergoda membeli makanan siap saji. Ini mungkin tidak menyebabkan sisa makanan dalam jumlah banyak, tetapi harganya akan lebih mahal.

3. Membawa wadah sendiri
Membawa wadah kosong saat belanja ke pasar. Wadah itu bisa digunakan untuk menampung bahan makanan seperti daging dan lain-lain.

Membawa wadah sendiri tidak hanya menjadi cara bagus untuk menghindari kemasan, tetapi juga bagus untuk mempertahankan kontrol porsi.

4. Jangan membeli dalam jumlah besar
Kecuali kamu yakin akan menggunakan semua produk, hindari membeli dalam jumlah besar dan menyisakannya untuk disimpan. Tidak sedikit tabungan yang akan melayang jika membuang-buang makanan.

5. Jangan tergoda harga murah
Jika membeli sesuatu yang telah tercantum pada daftar belanja tidak masalah. Namun jangan membeli lebih dari yang Anda butuhkan kecuali kamu yakin akan dapat menggunakannya.

Tidak membeli sesuatu hanya karena ada kesepakatan yang baik atau bukan karena kebutuhan sehingga tidak berakhir dengan belanja yang boros. Jika kamu ingin membeli barang dengan menggunakan kupon, masukkan ke dalam daftar belanja pada tahap perencanaan.

6. Belanja secara berkala
Belanja dalam periode tertentu memiliki banyak manfaat. Kamu bisa memilih waktu belanja saat mood bagus. Dengan belanja secara berkala bisa mengurangi jumlah makanan yang disimpan. Belanja lebih sering dengan membeli sedikit makanan merupakan ide yang baik. 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya