she.id

Ramadan Banyak Ajakan Bukber, Ini Tips Agar Tidak Boros

Ramadan Banyak Ajakan Bukber, Ini Tips Agar Tidak Boros
Uang Tunjangan Hari Raya (Ilustrasi)

She -  Tidak sedikit orang yang memanfaatkan momen bulan Ramadan sebagai waktu untuk mempererat tali silaturahmi.

Ajak berbuka dan sanak saudara, teman ataupun rekan kerja pun bisa dibilang hampir ada saja.

Untuk itu tak dipungkiri pengeluaran di bulan puasa bisa juga lebih meningkat, untuk tetap menjaga keuangan tetap terkontrol coba terapkan tips ini.

1. Pahami Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran

Dalam mengelola keuangan, hal pertama yang harus kita ketahui adalah kalkukasi pemasukan dan pengeluaran keluarga. Kamu harus menghitung berapa pemasukan setiap bulan dan juga pengeluaran rutin.

Dengan begitu kamu akan tahu sirkulasi uang yang harus kamu siapkan setiap bulannya. Bedakan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan' dalam mengelola keuangan.Kamu harus memprioritaskan daftar kebutuhan terkebih dahulu.

Jika daftar kebutuhan kamu sudah terpenuhi maka tidak ada salahnya kamu mulai untuk melihat daftar keinginan kamu.

Baca Juga: Bersyukur Ikut Kajian, Ammar Zoni Ungkap Irish Bella Berhijab
Unggah Foto Hijab dan Ka'bah, Ini Empat Makna Ramadan Luna Maya

2. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Godaan hidup konsumtif, biasanya akan membuat orang tak segan untuk berhutang demi memenuhi keinginannya. Adanya kartu kredit juga semakin mempermudah kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Akan tetapi penggunaan kartu kredit secara berlebihan tanpa memperhatikan jumlah tabungan, hal ini hanya akan membuat kamu terlilit hutang. Maka dari itu kelola dengan baik kartu kredit Kamu agar terhindar dari over limit yang justru akan mempersulit Kamu.

3. Sedekah

Jangan anggap remeh yang satu ini, meski secara prinsipnya bersedekah itu adalah mengeluarkan uang, namun justru pada prakteknya akan mendatangkang banyak rejeki. Justru seret sedekah akan membuat rejeki sulit datang.

Rejeki tidak terduga tentunya akan menjadi hadiah yang sempurna untuk menambah tabungan. Jadi jangan takut untuk bersedakah dijamin akan membawa berkah.

Nah, itulah beberapa tips mengelola keuangan keluarga secara sederhana. Semoga bermanfaat.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya