she.id

Durasi Tidur Sehat Berbeda Berdasarkan Usia, Cek Porsi Idealmu

Durasi Tidur Sehat Berbeda Berdasarkan Usia, Cek Porsi Idealmu
Ilustrasi Muslimah Tidur

She -  Durasi waktu tidur sedikit berbeda pada setiap kelompok usia, hal ini disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang.

Dibawah ini merupakan rekomndasi terbaru waktu tidur untuk setiap kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, dimuali dari usia 18 tahun hinggga 65 tahun. Berikut ini merupakan rekomndasi tidur sesuai kelompok usia :

1. Bayi baru lahir usia 0-3 bulan : durasi tidur 14 – 17 jam per harinya.
2. Bayi usia 4 – 11 bulan : durasi tidur ditambah menjadi 12 – 15 jam setiap harinya.
3. Batita usia 1 – 2 tahun : durasi tidur 11 – 14 jam per hari.
4. Balita usia 3 – 5 tahun : durasi tidur 10 – 13 jam per hari.
5. Anak-anak usia 6 – 13 tahun : durasi tidur 9 – 11 jam

Baca Juga: Jaga Kesehatan Kulit dengan Bahan-bahan Alami Ini
Setop! Jangan Mandi Dengan Air Hangat Saat Sedang Berpuasa

6. Remaja usia 14 – 17 tahun : durasi tidur 8 – 10 jam per hari.
7. Remaja menuju dewasa usia 18 – 25 tahun : durasi tidur 7 – 9 jam per hari.
8. Orang Dewasa usia 26 – 64 tahun : durasi tidur 7 – 9 jam.
9. Orang lanjut Usia, umur 65 tahun lebih : durasi tidur 7 – 8 jam per hari.

Durasi tidur sangatlah penting dan berpengaruh pada kesehatan, ketika tubuh kurang tidur, maka hormon dalam tubuh akan terganggu diantaranya hormon yang mengatur fungsi nafsu makan.

Selain itu, efek negatif kurang tidur juga dapat mengakibatkan obesitas.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya