she.id

Ilmuwan Buktikan Kebenaran Alquran Jika Semut Bisa Saling Bicara

Ilmuwan Buktikan Kebenaran Alquran Jika Semut Bisa Saling Bicara
Ilustrasi Semut (Istimewa)

She -  Sebagaimana dikisahkan dalam Alquran bahwasanya seekor semut berbicara kepada koloninya agar segera menyelamatkan diri dan terhindar dari injakan Nabi Sulaiman A.S dan pasukannya yang akan lewat.

Suara semut yang berbicara ini hanya didengar oleh Nabi Sulaiman yang memang diberi kemampuan untuk memahami bahasa dari semua jenis hewan.

Ribuan tahun kemudian, tepatnya di tahun 2009, sekelompok ilmuwan mengungkap kebenaran cerita itu. Sekelompok peneliti gabungan dari University of Turin (Italia), Centre for Ecology & Hydrology (Inggris), dan University of Oxford (Inggris) menemukan bahwa semut secara rutin berbicara satu sama lain di sarang mereka, dan semut ratu mengeluarkan instruksi kepada semut lainnya, dalam hal ini semut pekerja.

Para ilmuwan sebelumnya telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa semut menggunakan berbagai bahan kimia kecil yang dikenal sebagai feromon untuk berkomunikasi.

Baca Juga: Ingin Fokus Beribadah, Seorang Jemaah Lakukan Hal Konyol Ini
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Sahur Pakai Mi Instan

Contoh yang paling klasik adalah jejak feromon pada tempat serangga itu berjalan. Maka kawanan semut di belakang akan mengikuti jejak ini, yang menyebabkan antrean panjang berbaris satu demi satu.

Karena komunikasi kimia ini begitu umum dan kompleks, para peneliti lama percaya bahwa ini adalah cara utama semut berbagi informasi.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan hal yang lebih luar biasa. Dengan menggunakan bantuan mikrofon dan speaker mini yang canggih, para ilmuwan secara diam-diam membuat rekaman suara dari semut ratu yang sedang berbicara di dalam sarang. Peneliti menemukan bahwa ratu semut membuat bunyi halus yang menandakan status khusus kepada semut pekerja.

Peneliti kemudian memainkan kembali suara ratu yang meyakinkan semut untuk mendengarkan suara darirekaman ratu. Para peneliti mengatakan bahwa semut akan menekan antena mereka ke arah speaker sama seperti mereka akan berusaha untuk menyambut semut lain di sarang.

Yang lebih mengherankan, para peneliti juga menemukan bahwa serangga lain dapat meniru apa yang dikatakan oleh semut ratu untuk menjadikan para semut pekerja sebagai "budak" mereka. Bayangkan, serangga mampu mengakali semut dengan mengetahui apa yang dibicarakan oleh semut.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya