she.id

Begini Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Begini Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat
Ilustrasi sakit jantung (Shutterstock)

3. Konsumsi Makanan Rendah Lemak 

Diet jantung sehat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Fokus diet serat tinggi yang berisi makanan nutrisi dikemas seperti buah-buahan dan sayuran, roti gandum dan kacang-kacangan.

Serat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan membuat merasa kenyang sehingga akan menghindari makan berlebihan. Makan ikan seperti tuna atau salmon yang tinggi asam lemak omega-3 sedikitnya dua kali sepekan. Makanan yang kaya asam lemak omega-3. bisa menurunkan kolesterol darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Sahur Sendirian Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
3 Butir Kurma Ternyata Setara dengan Satu Piring Nasi

4. Olah raga 

Jadilah aktif! Ketidakaktifan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, mirip dengan merokok, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Orang yang berolahraga secara teratur memiliki risiko 30 sampai 40 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak.

Olah raga memperkuat otot jantung juga bisa mengendalikan peradangan dan membantu menjaga berat badan, kolesterol dan tekanan darah. Jangan duduk terlalu lama dalam satu waktu. Selain itu, berjalan-jalan sebelum atau setelah bekerja sangat baik untuk latihan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya