she.id

Begini Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Begini Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat
Ilustrasi sakit jantung (Shutterstock)

5. Memangkas lemak di pinggang

Obesitas secara substansial dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan separuh dari semua kasus serangan jantung fatal terkait dengan kelebihan berat badan dan memiliki indeks massa tubuh tinggi (BMI) atau pinggang besar.

Lemak di sekitar pinggang buruk karena aktif secara metabolik dan meningkatkan tekanan darah, menurunkan HDL dan meningkatkan risiko diabetes. Idealnya pinggang perempuan harus kurang dari 29 inci dan laki-laki idealnya harus memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil dari 35 inci.

6. Tidur menjadi prioritas

Tidur merupakan hal terpenting untuk menjaga jantung tetap sehat. Lama tidur tujuh sampai delapan jam. Kurang tidur secara substansial dapat meningkatkan risiko kardiovaskular.

Beberapa studi menunjukkan mereka yang tidur kurang dari enam jam semalam berada pada peningkatan risiko stroke atau serangan jantung dibandingkan mereka yang tidur lebih dari tujuh jam setiap malam.

7. Mengurangi stres, optimistis, tertawa

Ketika tingkat stres naik begitu juga dengan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan stres emosional dapat merugikan jantung sebagai faktor risiko konvensional. Emosi dapat menyebabkan pelepasan hormon, seperti kortisol, yang dapat mengancam kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kabar baiknya stres dapat diatasi, dilawan dan secara signifikan dikurangi. Kamu hanya harus percaya penting untuk mengambil tindakan. Tertawa bisa menjadi obat terbaik dan memiliki rasa humor yang sehat. 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya