she.id

Begini Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Begini Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat
Ilustrasi sakit jantung (Shutterstock)

She -  Penyakit jantung menjadi ancaman bagi lebih dari 9 juta orang dewasa dan merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

Jumlah orang yang meninggal karena penyakit jantung lebih besar dibanding gabungan akibat penyakit kanker.

Kabar baiknya, penelitian menunjukkan penyakit jantung dapat dicegah hingga 90 persen. Caranya dengan mengubah pola makan, olahraga dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Dr. Healy, ahli jantung Asosiasi Kardiologi New York yang fokus pada kesehatan perempuan dan pencegahan penyakit jantung mengungkapkan langkah pertama agar jantung sehat adalah mendidik pasien untuk mengubah gaya hidup mereka.

Berikut 7 hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga jantung berdetak kuat seperti dilansir womensvoicesforchange.org:

1. Tahu Risiko

Ada faktor risiko yang tidak bisa dihindari seperti usia dan riwayat keluarga. Namun faktor lain dapat diobati dan dikendalikan. Faktor risiko yang dapat dihindari seperti tekanan darah tinggi, merokok, kolesterol tinggi, kurang beraktivitas rutin, obesitas dan diabetes, dapat dikontrol dan diobati.

2. Memahami tingkat kesehatan

Mengetahui angka kesehatan dan memahami apa artinya adalah penting. Hal ini terkait dengan pemahaman kesehatan jantung. The American Heart Association merekomendasikan paling tidak kamu harfus mengetahui lima angka kunci yakni kolesterol total, HDL (kolesterol baik), tekanan darah, gula darah dan indeks massa tubuh (BMI).

Dengan menjaga angka-angka itu, kamu berada dalam kisaran yang sehat. Kamu dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya